Home Hukum dan Kriminal Gadai Mobil Tanpa Ijin, Hasilnya Masuk Bui

Gadai Mobil Tanpa Ijin, Hasilnya Masuk Bui

AKBP Ade Safri Simanjuntak, didampingi Kasat Reskrim AKP Rohmat Ashari, Kasubbag Humas AKP Rochmad, dan Kapolsek Kebakkramat, AKP Lukman Tri Nofianto saat gelar perkara di Mapolres Karanganyar.

Karanganyar, 20/7 (BeritaJateng.net) – Terdesak memenuhi kebutuhan lebaran, S alias KY (45) warga Dusun Ngentak, Desa Waru, Kecamatan Kebakramat nekat gadaikan mobil Avanza nopol AD 9327 TC milik tetangganya sebesar Rp. 20 juta.

Satreskrim Karanganyar mengamankan S berdasarkan laporan HWM pemilik mobil yang juga warga kedungringin Rt 08/Rw 02 Desa Waru, Kebakkramat, Karanganyar Jawa Tengah.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga mengamankan satu buah mobil, sisa uang gadai sebesar Rp. 1 juta dan beberapa pakain. Petugas juga meminta keterangan dari A, teman pelaku yang menjadi perantara saat gadaikan mobil korban.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak mengatakan kronologis kejadiannya pada hari Minggu (5/6/2016) sekitar pukul 09.00 WIB datang dan meminjam mobil selama dua hari dengan alasan ada keperluan keluarga.

“Mobil dipinjamkan karena pelaku tetangga dan korban juga mengenalnya sudah lama,” jelas Kapolres Ade Safri di Mapolres Karanganyar Rabu (20/7/2016).

Kapolres juga sampaikan kasus ini akan terus dikembangkan apakah pelaku terlibat dalam sindikat penipuan dengan modus yang sama yaitu meminjam mobil kemudian menggadainya.

Pelaku mengaku nekat menggadaikan mobil milik tetangganya karena terdesak memenuhi kebutuhan keluarganya untuk lebaran.

“Pelaku juga dijerat dengan pasal pasal 372 dan pasal 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara,” pungkas Kapolres Ade Safri. (Bj24)