Home Nasional FWPJT-Karangturi Gelar Dialog Kebangsaan Nasionalisme Tionghoa Untuk Indonesia

FWPJT-Karangturi Gelar Dialog Kebangsaan Nasionalisme Tionghoa Untuk Indonesia

SEMARANG, 18/8 (BeritaJateng.net) – Forum Wartawan Pemprov dan DPRD Jawa Tengah (FWPJT) bekerjasama denga Yayasan Pendidikan Nasional Karangturi Semarang menggelar dialog kebangsaan bertajuk “Nasionalisme Tionghoa untuk Indonesia”.

“Dialog kebangsaan kami gelar dalam rangka menghayubagya 71 Tahun Kemerdekaan RI, sekaligus sebagai sumbangsih pemikiran bagaimana refleksi nasionalisme orang Tionghoa untuk negeri tercinta ini, Indonesia,” ujar Ketua FWPJT Damar Sinuko, Kamis (18/8).

Damar Sinuko mengatakan, sepanjang sejarah berdirinya NKRI, andil dan peran orang Tionghoa terbilang sangat besar.

Tokoh-tokoh pemuda Tionghoa berjasa dalam Sumpah Pemuda, Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), pemuatan teks lagu Indonesia Raya dan mengganti istilah Inlander atau Hindia Belanda menjadi Indonesia dalam Koran Sin Po, atau menyiapkan tempat bagi tempat persiapan proklamasi oleh Soekarno-Hatta di Rengasdengklok, dll.

“Setelah 71 tahun Indonesia merdeka, bagaimana orang Tionghoa merefleksikan rasa nasionalismenya itu untuk Indonesia, gagasan itu dapat kita temukan melalui pokok-pokok pemikiran dari sejumlah tokoh Tionghoa dari beragam kalangan yang hadir dalam dialog kebangsaan ini,” tegasnya.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam dialog kebangsaan ini, yakni Hary Tanoesoedibjo (CEO MNC Group), Harjanto Halim (budayawan/CEO Marimas Group), Soleh Dahlan (Preskom Daffam Group), H Anton Medan (Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia/PITI), Dewi Susilo Budiharjo (aktivis perempuan dan anak), Ariyani Matius Maun (founder Batikmal.com), serta Lian Gouw (diaspora Indonesia). Dialog akan dipandu oleh Sigit Rudianto (presenter/produser TVRI Jateng).

Direktur Eksekutif Sekolah Nasional Karangturi Felicia N Lenggono menambahkan, dialog kebangsaan akan digelar Sabtu, 27 Agustus 2016, mulai pukul 08.30 WIB di gedung Teater Liem Liang Peng Kampus Karangturi Jl Padma Boulevard Kompleks Graha Padma, Krapyak Semarang.

Gedung berkapasitas 800 orang ini merupakan gedung teater terbesar di Semarang yang dirancang dengan akustik interior yang apik.

“Panitia mengundang 400 undangan dari beragam kalangan, aktivis kampus, akademisi, legislatif, eksekutif, dan ormas,” ujar Felicia. [*]

Advertisements