Fun Brewing Competition 2022 Ajang Kampanyekan Kopi Agar Naik Kelas

Semarang, 1/9 (BeritaJateng.net) – Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR ) Jawa Tengah menggelar Fun Brewing Competition 2022 sebagai ajang mengkampanyekan produk kopi yang ada di diseluruh Jawa Tengah agar bisa naik kelas.

Fun Brewing Competition 2022 digelar di Aula Anjungan Wonogiri, Maerokoco Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/8) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ormas MKGR Prov Jateng, Ferry Wawan Cahyono, Bendahara DPD Ormas MKGR, H.Siswanto, Sekertaris DPD Ormas MKGR Dr. Anang Budi Utomo.

Acara Fun Brewing Competition 2022 yang di ketuai oleh  Muhammad Nurseha itu, diikuti 55 peserta barista se Jawa Tengah. Diketahui bahwa, sebelum kompetisi dimulai, para tamu undangan dan para peserta, terlebih dulu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam kesempatan ini pun, Panitia kompetisi Fun Brewing Competition 2022, mempercayakan kepada enam juri yang di hadirkan untuk memberikan penilaian kepada para peserta.

Keenam juri tersebut yakni Haryo, Rifani, Rifai, Ismi, Zeric, dan Ubay dan mereka merupakan para pelaku atau pembisnis kopi profesional.

Ketua DPD Ormas MKGR Prov Jateng Ferry Wawan Cahyono, Kepada Kabarku.net mengatakan bahwa, potensi keberadaan kopi yang ada di Jawa Tengah harus dikembangkan.

“Jawa Tengah ini bagian yang harus dihitung dalam produksi kopinya. Banyak potensi dan produk kopi yang dihasilkan. Maka kopi di Jawa Tengah ini harus selalu dikembangkan dan kami dari Ormas MKGR sangat mendukung untuk kemajuan Kopi di Jawa Tengahkata,” kata Ferry, Rabu.

Ferry yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah ini, menjelaskan, di Jawa Tengah sendiri, menurutnya, ada 29 dan 35 daerah penghasil kopi terbaik.

“Kami berharap agar kopi ini juga bisa turut mendorong kemajuan daerah peningkatan dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, bahwa terselenggaranya Fun Brewing Competition 2022 ini bertujuan agar untuk mematik kesadaran anak-anak muda untuk ikut serta melestarikan kemajuan kopi di Jawa Tengah.

“Dengan acara ini, anak-anak muda ini kemudian memiliki dan tertarik pada kegiatan kopu khususnya di hilirisasi kopi. Yaitu mendekatkan kopi kepada konsumen secara langsung,” jelasnya.

Ferry juga berkata, bahwa bukan hanya terletak pada produksi dari industri-industri besarnya, tapi sesungguhnya untuk membawa para petani kopi itu, bisa didekatkan langsung pada konsumen,”

“Nah pada kesempatan ini, siapa pada salah satu kuncinya adalah generlogy, barista kemudian penguasaan penyajian kopi sedu itu perlu kita kampanyekan mepada masyarakat secara luas,” ujarnya.

Kompetisi yang baru pertama kali di gelar ini, merupakan langkah awal dari Program MKGR yang nantinya, kedepan akan terus di selenggarakan agar kemajuan kopi di Jawa Tengah khususnya bisa semakin maju. “Rencana MKGR Jateng, akan terus menggelar kegiatan yang serupa,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muhammad Nurseha mengatakan bahwa ada 55 peserta yang mengikuti babak penyisian. “Masing-masing di bagi menjadi sembilan kelompok yang terdiri dari enam peserta yang akan di tandingkan. Dari masing-masing kelompok, akan mengikuti babap penyisian dan diambil dua pemenang. Jadi di babak penyisian akan ada 18 peserta yang lolos dan di tandingkan kembali,” katanya.

Kemudian, kata dia, dari 18 peserta akan mengikuti babap penyisian kembali, dan haya dipilih 6 pemenang yang lolos.

“Kita tandingkan lagi, dari 18 peserta, kita pilih 6, selanjutnya 6 peserta itu kita kompetisikan lagi untuk mencari 3 kategori juara 1,2,3,” imbuhnya.

Setelah di umumkan pemenangnya oleh dewan juri, Nursehan berpesan kepada para peserta agar kompetisi ini menjadi langkah awal yang bisa membawa para peserta kedepan bisa tampil lebih baik lagi.

“Alhamdulillah sudah ada pemenangnya, selamat kepada Adji juara 1, Dave juara 2 dan Yonas juara 3. Semangat terus dan kedepan semoga tampil lebih baik lagi. Bagi yang belum memenangkan kompetisi ini, jangan putus asa dan selalu semangat juga,” tututpnya.

Selain acara  Fun Brewing Competition, ormas MKGR juga menggelar dilokasi yang sama, yakni Talks Show Focus Group Discussion dengan tema yang di usung yaitu “Strategi Pengembangan UMKM Kopi Jawa Tengah”.

Acara Fun Brewing Competition 2022 yang di pandu Host Rachman Polalo itu, berjalan dengan sukses dan lancar. Para peserta terlihat sangat antusias dan sangat terhibur. Acara diakhiri dengan pembagian piala penghargaan dan sertifikan serta uang pembinaan untuk para peserta yang meraih juara. (Ak/El)

Leave a Reply