Home Hiburan Forum Seniman Magelang Luncurkan Hibah Seni

Forum Seniman Magelang Luncurkan Hibah Seni

Magelang, 26/12 (Beritajateng.net) – Forum Seniman Magelang meluncurkan gerakan hibah seni dalam rangkaian kegiatan refleksi akhir tahun menyangkut perkembangan aktivitas kesenian dan kebudayaan di daerah setempat.

“Salah satu upaya dalam ‘Refleksi Akhir Tahun 2014’, kami meluncurkan gerakan hibah seni,” kata koordinator kegiatan itu Muhammad Nafi di Magelang, Jumat.

Ia menjelaskan gerakan tersebut berupa pencarian dan penggalangan sumbangan dalam suatu kegiatan secara gotong-royong, bergulir, dan tanggung renteng per kelompok penampil.

Dana yang terkumpul, katanya, akan dihibahkan kepada kelompok pertunjukan selanjutnya berdasarkan pilihan bersama.

“Begitu seterusnya,” katanya.

Berdasarkan penelitian, katanya, dukungan dan pembiayaan bagi pengembangan dan pelestarian seni budaya di daerah-daerah, ternyata lebih banyak berasal dari kegiatan kedermawanan kalangan seniman dan budayawan.

Selain menjadi pelaku seni budaya, katanya, mereka juga sekaligus berperan sebagai donatur bagi kegiatan dan organisasi yang dikelolanya. Mereka juga mengembangkan berbagai cara kreatif dalam menggalang dukungan dan sumber daya dari pihak lain.

“Upaya ini dilakukan untuk menyiasati minimnya dukungan dari publik, swasta, maupun pemerintah, terhadap program dan organisasi seni budaya,” kata Nafi yang juga salah satu pengurus Dewan Kesenian Kota Magelang itu.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan tentang usaha forum tersebut dalam menyebarluaskan dan mengembangkan berbagai strategi baru untuk mendapatkan dukungan untuk keberlanjutan kegiatan dan berbagai sanggar seni budaya di daerah setempat.

“Di tengah minimnya dukungan dari pemerintah, filantropi bisa menjadi alternatif sumber daya untuk pengembangan dan pelestarian seni budaya. Namun, potensi filantropi belum bisa dimanfaatkan secara optimal karena pelaku dan pengelola organisasi seni budaya belum banyak yang melakukan penggalangan dukungan dan sumbangan dari individu maupun sektor swasta,” katanya.

Ia mengemukakan kurang berkembangnya kegiatan filantropi untuk seni budaya juga karena pemerintah tidak menyediakan lingkungan yang kondusif dalam bentuk kebijakan dan insentif yang mampu mendorong, baik masyarakat maupun perusahaan, untuk mendukung dan menyumbang seni budaya.

Refleksi Akhir Tahun 2014 tentang Perkembangan Seni Budaya Magelang berlangsung selama dua hari, 27-28 Desember 2014, dipusatkan di Gedung Kyai Sepanjang Kota Magelang, Jawa Tengah.

Rangkaian kegiatan, antara lain sarasehan dan diskusi seni serta budaya, serta berbagai pementasan kesenian. (ant/BJ)