Home News Update Forum Ormas Kota Semarang Sinergikan Program dengan SKPD

Forum Ormas Kota Semarang Sinergikan Program dengan SKPD

Ketua Tim Seleksi Juri Arnaz Andrarasmara (kiri) dalam suatu acara pengarahan.

Semarang, 27/9 (BeritaJateng.net) – Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKOSB) Kota Semarang melakukan trobosan baru dengan program sinergi ormas dengan SKPD, untuk program awal sinergi yang dilakukan berkaitan dengan ekonomi, kesehatan dan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Arnaz Andrarasmara, AM ketua Tim Seleksi Juri kepada BeritaJateng.net, Selasa.

Menurut Arnaz, pihaknya memilih tiga rumpun tersebut karena seesuai dengan arahan Walikota Semarang.

“Untuk bidang kesehatan masih tingginya angka kematian ibu dan anak, tingginya pengidap HIV dan penyakit TB. Lalu untuk program ekonomi, berdasarkan data yang dilansir Disnakertrans Kota Semarang, angka pengangguran di Kota Semarang di kisaran 17 ribu orang yang ironisnya kebanyakan dari mereka memiliki kualifikasi pendidikan Strata 1 (S1),” terang Arnaz.

Forum Ormas

Untuk itu lanjut Arnaz, pihaknya mendorong organisasi masyarakat untuk melakukan berbagai upaya untuk menekan angka pengangguran tersebut dengan membuat program kegiatan ekonomi produktif dan menciptakan wirausaha baru,

“Sedangkan program ketiga adalah terkait lingkungan, banjir, rob dan longsor di kota Semarang,” tambah Arnaz.

Lebih lanjut Arnaz mengatakan, ada 20 ormas yang masuk nominasi yang layak disinergikan dengan SKPD. Ormas tersebut adalah PC NU, Aisyiyah, LPB Muhammadiyah, Fatayat NU, Ansor, Kalandara, Alam Karimun, HIPMI, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, IWAPI, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Forum Masyarakat Madani Kesehatan Ibu dan Anak (FMM KIA), Persatuan Farmasi Indonesia (PAFI), LPB NU, Lembaga Kesehatan NU, lembaga Ekonomi NU.

“Dari nominasi tersebut kita fokuskan bersinergi pada Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidup dan BPBD dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang,” tambahnya.

Forum Ormas Semarang

Tim seleksi juri adalah Arnaz Andrarasmara,AM. Jumai, Awaludin, Joko Hartono dan Yusnawiyandi.

“Program ini diharapkan di tahun 2016 sudah bisa terealisasi pada koneksi melalui program fasilitasi SKPD terkait, serta tahun 2017 akan dilakukan kegiatan pemilihan ormas terbaik di Kota Semarang. Program Penghargaan Ormas tersebut akan melibatkan tim ahli dari perguruan tinggi dan dari kementerian Dalam Negeri RI,” pungkas Arnaz. (BJ)

2 COMMENTS

  1. Forum Ormas Kota Semarang sebagai mitra pemerintah dalam rangka meraih semarang setara, program tersebut perlu implementasi yg berkelanjutan dan berkesinambungan, maka diperlukan kesadaran, keterbukaan, transparansi dan akuntabel dari semua lembaga terkait dalam hal ini skpd. bentuk kerja sama yang bersinergi. semua akan terwujud jika ada kerja keras dengan penuh keikhlasan dan hanya mengharap ridho Allaah SWT, Aamiin.

Comments are closed.