Home Nasional FOBI Jateng Gelar Indonesia Open Tournament 2016

FOBI Jateng Gelar Indonesia Open Tournament 2016

Semarang, 2/6 (BeritaJateng.net) – Seni tari naga (liong) dan barongsai sudah populer di tengah masyarakat Indonesia. Tua, muda dan anak-anak sangat menyukainya, atraksi dalam penampilannya juga sangat memukau para penontonnya.

Saat itu terdapat 5 organisasi barongsai besar di Indonesia yaitu PERSOBARIN, PLBB, PERNABI, ALBSI dan ALBA.

Tanggal 9 Agustus 2012, kelima organisasi tersebut secara tegas menyatakan setuju menggabungkan 5 Organisasi Barongsai dalam satu wadah organisasi barongsai dengan nama Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI).

Pada tanggal 21 Februari 2013 dalam rapat anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat di Bandung, diputuskan bahwa KONI Pusat menerima Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) sebagai cabang olahraga baru yang menjadi anggota KONI.

Susunan personalia pengurus besar FOBI masa bhakti 2012-2016 disahkan oleh KONI Pusat. Berdasarkan Undang-Undang SKN No.3 tahun 2005 tentang ruang lingkup olahraga di Indonesia, dibedakan dengan olahraga prestasi dan olahraga rekreasi.

“Saat ini FOBI diakui Pemerintah sebagai satu-satunya organisasi pembina olahraga barongsai prestasi di Indonesia,” ujar Ketua FOBI Jateng Tutuk Kurniawan, Kamis.

Menurutnya, Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Provinsi Jawa Tengah sudah terbentuk dan diakui sah oleh Pengurus Besar FOBI berdasarkan: Surat Keputusan Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia Nomor: 001/PB/X/2015.

“Untuk pelantikan Pengurus FOBI Provinsi Jawa Tengah akan dilakukan bersamaan dengan “Indonesia Open Tournament 2016” dan “Kejuaraan Provinsi FOBI Jawa Tengah” pada tanggal 3-5 Juni 2016 di Mall Armada Town Square, Magelang,” tambahnya.

Ketua Panitia penyelenggara Kejuaraan Provinsi FOBI Jawa Tengah, Dewi Susilo Budihardjo mengatakan, penyelenggaraan event tersebut juga dalam rangka Seleksi Team yang akan mewakili FOBI Provinsi Jawa Tengah mengikuti “Eksibisi 2016” yang diselenggarakan oleh PB FOBI pada bulan September 2016 di Bogor.

“Peserta merupakan atlet yang bernaung di sebuah sasana barongsai di Indonesia, dan khusus untuk peserta Kejuaraan Provinsi FOBI Jawa Tengah merupakan sasana yang terdaftar di FOBI Jawa Tengah dan telah mengikuti penataran juri,” terang Dewi.

Lebih lanjut Dewi mengatakan, kategori lomba Kejuaraan Barongsai Indonesia Open Tournament 2016 akan memperebutkan Piala ARMADA CUP dengan kategori Barongsai tonggak, Barongsai tradisional dan Naga taolu bebas.

Untuk kejuaraa Provinsi FOBI Jawa Tengah dengan kategori Barongsai tonggak, Barongsai tradisional, Barongsai kecepatan, Barongsai halangrintang, Naga taolu bebas, Naga kecepatan, Naga halangrintang, Pekingsai taolu bebas dan Pekingsai kecepatan.

“Dari keseluruhan lomba ini, memperebutkan hadiah uang pembinaan berjumlah lebih kurang Rp. 95.000.000,- disamping piala, medali dan piagam,” tambah Dewi.

Menurut Dewi, Technical Metting akan dilaksanakan Jumat, 3 Juni 2016 pukul 09.00 WIB s/d selesai di Mall Armada Town Square, Magelang. Sedangkan pelantikan Pengurus Provinsi FOBI Jawa Tengah, Pengkot/Pengkab Jateng dilaksanakan Jumat, 3 Juni 2016 pukul 10.00 WIB s/d selesai di Main Hall Mall Armada Town Square, Magelang.

Adapun pelaksanaan lomba Kejuaraan Barongsai Indonesia Open Tournament 2016 (Memperebutkan Piala ARMADA CUP) digelar Jumat-Sabtu, 3-4 Juni 2016 mulai pukul 14.00 WIB s/d selesai di Main Hall Mall Armada Town Square, Magelang dan kejuaraan Provinsi FOBI Jawa Tengah pada Minggu, 5 Juni 2016
Mulai 09.00 WIB s/d selesai di Main Hall Mall Armada Town Square, Magelang.

“Diharapkan dalam lomba ini dapat dihasilkan atlet tarian naga dan tarian barongsai yang tangguh dan berprestasi dikancah kejuaraan nasional maupun internasional,” pungkas Dewi. (BJ)