Home Headline Fitriyah: Politik Uang Alami Peningkatan di Pemilukada

Fitriyah: Politik Uang Alami Peningkatan di Pemilukada

312
Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bertemakan Mengikis Politik Uang

Demak, 23/11 (BeritaJateng.net) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Demak menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bertemakan Mengikis Politik Uang dalam Pilkada 2020 diikuti ratusan peserta dari pelajar, mahasiswa, organisasi massa, hingga warga masyarakat dan berbagai personil dinas.

“PWI Demak dan Bawaslu Jateng bersinergi dalam pengawasan pilkada supaya masyarakat sejak dini mulai bijak dalam praktik politik terutama antisipasi terhadap money politik,” hal tersebut diucapkan Ketua panitia penyelenggara.

Hal senada juga disampaikan oleh narasumber Amir Machmud NS, Ketua PWI Jateng yang menyebut kebersamaan PWI dan Bawaslu menjadi duet pengawasan demokrasi yang ideal.

Tak jauh berbeda, Bawaslu Provinsi Jateng , yang diwakili oleh Rofiudin juga menyatakan Bawaslu menggandeng PWI supaya informasi tersampaikan secara luas kepada masyarakat pembaca media.

“Diharapkan elanggaran pidana politik uang bisa teratasi dan Bawaslu mengajak masyarakat untuk jihad memerangi politik uang,” tandasnya.

Sementara itu menurut Dosen Fisip Undip, Fitriyah, mengatakan jika trend money politik atau politik uang yang terjadi pada pemilukada diberbagai daerah di Indonesia sekarang ini mengalami peningkatan, dimana bentuk politik uang sekarang bermacam-macam,

“Contohnya seperti sedekah politik, uang transport, uang pembinaan dan masih banyak lainnya dan meskipun hal tersebut sudah kita ketahui tetapi untuk pembuktian dilapangan kita harus benar- benar teliti dan jeli,” pungkas Fitriyah. (BW/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here