Home Hiburan Festival Perahu Rayakan Imlek di Kota Solo

Festival Perahu Rayakan Imlek di Kota Solo

gunungan

Solo, 6/2 (BeritaJateng.net) – Ada yang berbeda jelang  perayaan imlek di kota Solo. Untuk perayaan Imlek 2566 yang jatuh pada  19 Februari 2015 ini panitia  mengadakan festival perahu di sepanjang aliran kali pepe yang membelah kota Solo. Perahu hias  merupakan yang pertama dalam p perayaan Tahun Baru Imlek di kota Solo

Tahun baru Imlek adalah perayaan terpenting bagi warga Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek akan mencapai acara puncaknya adalah saat Cap Go Meh. Untuk perayaan tahun ini shionya

Salah satu  panitia Imlek Hendri Susanto mengatakan dalam menyambut tahun baru imlek bukan hanya perayaan rutin saja. Namun juga pembelajaran tentang sejarah masa silam.

“Karena kali Pepe ini dulunya merupakan jalur perdagangan utama yang menghubungkan kota Solo dengan kota-kota lainnya,” jelasnya saat di temui dalam acara pembukaan festival perahu Kamis (5/2/2015) tadi malam. 

Acara dibuka dengan dua perahu karet yang menyusuri sepanjang aliran kali Pepe yang lokasinya dekat dengan balai kota Solo diahias dengan berbagai ornamen khas oriental yang identik dengan berbagai bentuk lampion yang berwarna merah menyala. 

Terlihat juga didalam perahu karet nampak seorang penari yang sedang menari dengan diiringi alunan musik  khas Thionghua sambil berjalan menyusuri aliran sungai yang sudah diihiasi lampu dan lampion merah. 

Dalam acara pembukaan festival perahu tersebut, nampak satu buah gunungan dan satu lagi berbentuk replika perahu  yang berisi hasil bumi seperti pisang, ketela, buah tak lupa kue kranjang yakni kue khas imlek  yang nantinya akan menjadi rebutan warga yang hadir dalam acara tersebut. 

Sesaji atau persembahan itu merupakan bentuk rasa syukur melalui sedakah bumi,  tanda terima kasih warga Tionghua atas rejeki yang diberikan selama setahun, dan tahun kedepannya juga terjadi hal yang sama. (BJ24)

Advertisements