Home Ekbis Festival Durian Untuk Gali Potensi Buah Unggulan di Daerah

Festival Durian Untuk Gali Potensi Buah Unggulan di Daerah

image
Peserta menunjukan durian yang diikutkan dalam festival durian di Semarang

Semarang, 7/3 (BeritaJateng.net) – Festival durian yang digadang-gadang jadi festival tahunan untuk menyemarakkan peringatan hari jadi Kota Semarang pada Mei mendatang ini mulai dibuka pada Jumat (6/3).

Pembukaan festival yang dilakukan oleh perwakilan Walikota Semarang, Asisten II Pembangunan Ekonomi dan Kesra, Ayu Enthys mengatakan, pemerintah Kota Semarang, berharap adanya Festival Durian kali ini mampu menjadikan destinasi wisata baru di Kota Semarang.

“Meskipun lahan pertanian di Kota Semarang kecil, namun Kota Semarang mampu menghasilkan durian yang berkualitas tinggi,” ujar Ayu.

Menurutnya, pemerintah kota Semarang telah mengembangkan lebih dari 200 hektar tanaman durian dan tanaman lain seperti jambu Kristal dan sirkaya.

Selain itu, festival yang digelar di Lapangan Jatisari, Mijen ini juga diharapkan mampu mengangkat perekonomian para petani di Kota Semarang. Tercatat hanya 2,8 persen penduduk Semarang yang berminat menjadi petani.

Kegiatan yang dilakukan dalam skala povinsi ini juga menjadi muara bertemunya petani se-Jawa Tengah. “Ini jadi ajang kumpul para petani untuk sharing ilmu untuk pengembangan sektor pertanian masing-masing daerah, semakin banyak yang datang, transaksi di kota Semarang semakin meningkat, selain itu para petani juga dapat memanfaatkan event ini sebagai ajang promosi untuk mengangkat produk unggulan daerah masing-masing,” papar Ayu. (BJ05)