Home Hiburan Festival Banjir Kanal Barat, Ini Rute Jalan dan Jembatan yang Ditutup

Festival Banjir Kanal Barat, Ini Rute Jalan dan Jembatan yang Ditutup

Rute jalan dan jembatan yang ditutup saat Semarang Introducing Market dan Festival Banjir Kanal Barat 2016.

Semarang, 21/5 (BeritaJateng.net) – Masih dalam nuansa hari jadi kota Semarang ke 469, masyarakat dan wisatawan akan dihibur dengan dua agenda akbar Festival Banjir Kanal Barat dan Semarang Introducing Market, Sabtu (21/5) di Jalan Bojong Salaman.

Kegiatan yang digelar selama dua hari mulai 20 hingga 22 Mei 2016 itu diselenggarakan atas kerja sama Dinas Budaya dan Pariwisata kita semarang dan Dinas Koperasi Kota Semarang.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Semarang, Achyani menyebutkan untuk event Festival Banjirkanal Barat 2016 akan dibuka pada Sabtu (21/5) pukul 19.00 WIB dan akan dimeriahkan dengan lomba Perahu Hias dengan diikuti 25 peserta berasal dari SKPD, Kecamatan, Hotel dan Instansi lainnya.

“Rencananya pembukaan festival itu akan diwarnai hiburan dengan menampilkan sejumlah artis Semarang yang berprestasi di antaranya Bayu “the Voice”, Yudha AFI dan Safitri Keroncong in Lounge,” paparnya.

Selain lomba perahu hias, lanjutnya, juga akan ditampilkan Persembahan Tari Nusantara yang meliputi berbagai macam suku etnis Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, tepat pada jam 22.00 Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan menerbangkan Lampion sebagai puncak acara dan diikuti sebanyak 4.690 warga sebagai symbol ulang tahun Kota Semarang ke-469.

Sementara Semarang Introducing Market 2016 yang mulai digelar 20 Mei 2016 sampai 22 Mei 2016 akan diisi 100 Stand Pameran Produk Unggulan Kota Semarang dengan menampilkan Bintang Tamu Campur Sari Didi kempot.

Dalam event ini akan menampilkan Dancing Competition, selain juga akan digelar Festival Band Pelajar Tingkat Kota Semarang merebutkan Piala Walikota yang diikuti siswa/i SD/MI dan SMP/MTS.

Tidak hanya itu, lomba lain yang digelar di antaranya Lomba Menggambar, dan Mewarnai Tingkat PG-TK dan SD serta Lomba Memasak dan Cooking class, memperebutkan  trophy walikota Semarang, berkaitan penyelenggaraan ini, untuk menjaga kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan akan menempatkan tong sampah portable dibeberapa titik dan juga mobil toilet, sedangkan Dinas PJPR akan memasang lampu tambahan di beberapa titik, sehingga pengunjung menjadi nyaman dan aman, kepada warga masyarakat dihimbau tidak membuang sampah sembarangan dan dilarang keras membuang sampah di sungai.

Untuk kelancaran acara akan dilakukan penutupan jalan di sepanjang banjir kanal barat dari arah Jalan Siliwangi hingga Simpangan Jembatan Lemah Gempal menuju Jalan Simongan.

“Jembatan lemah gempal juga akan ditutup dari dua arah. Bagi masyarakat yang akan melintas dari arah kaligarang menuju jalan siliwangi dapat melintasi jalan Basudewo yang mana akan diberlakukan satu arah,” ujar Achyani.

Sedangkan dari arah Simongan menuju Jalan Siliwangi dapat melewati SD Nasima. Sementara kantong parkir akan disediakan di sepanjang jl. Bojong Salaman, Jl. Simongan dan Jl. Pusponjolo. (Bj)