Home Lintas Jateng Festival Anggaran Kabupaten Karanganyar 2016

Festival Anggaran Kabupaten Karanganyar 2016

Karanganyar – Pemkab Karanganyar gelar Festival Anggaran Kabupaten Karanganyar 2016 yang bertempat di Gedung Wanita Karanganyar, mulai Kamis (19/5) hingga Jumat (20/5) besok.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono ini bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat. Masyarakat Karanganyar  dapat melihat langsung penggunaan anggaran di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mulai dari dinas hingga desa sekalipun dalam even ini.

“Masyarakat boleh memberi masukan dan mengkritisi segala kebijakannya,” ucap Juliatmono usai membuka acara  Festival Anggaran, Kamis (19/5/2016).

Bupati Karanganyar Juliyatmono juga menyampaikan juga untuk mengedukasi masyarakat. anggaran di buka sehingga masyarakat mengetahuinya.

Semua anggaran dari SKPD meliputi dinas, badan, kantor, kecamatan higga anggaran dana desa/kelurahan bisa dilihat secara langsung.

Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Karanganyar Sumarno menjelaskan, terdapat 212 stan peserta dari seluruh SKPD baik dinas, badan, kantor, kecamatan hingga desa.

Anggaran yang dipamerkan dari APBD 2016 dengan total 2,06 triliun. Selain itu ada pameran produk dari 21 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Agar masyarakat mengetahui secara riil anggaran yang ditujukan selama satu tahun. Anggaran, baik untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) maupun pembangunan fisik,” terangnya.

Dengan mengetahui transparansi anggaran, masyarakat bisa ikut  melakukan pengawasan, mulai dari dana yang dianggarkan hingga hasil pekerjaan yang dilakukan.
Selain itu, masyarakat juga dapat memberikan saran pembangunan fisik maupun non fisik yang dinilai belum tercover pada anggaran. (Bj24)