Home News Update Festival Anak Sholeh, Latih Mental dan Pendidikan Agama SeJak Dini

Festival Anak Sholeh, Latih Mental dan Pendidikan Agama SeJak Dini

IMG_20150628_113058

Semarang, 28/6 (BeritaJateng.net) –¬†Kegiatan Festival Anak Sholeh dan Bazar merupakan suatu rangkaian dan agenda kegiatan Ramadhan di masjid Al Ikhlas. Dilaksanakan pada hari Minggu 28 Juni 2015. Kegiatan ini sudah tahun ke 9 pengadaan Festival Anak Sholeh dengan 52 penjual bazar.

Dibuka oleh Kepala Camat Pedurungan mulai pukul 8.00 dan berakhir pukul 12.00. Sebelum acara dibuka, lomba pun sudah dimulai, yaitu lomba mewarnai.

Ada pula penjual pakaian pantas pakai dari warga RT 10 RW 11 lingkungan Pedurungan Kidul yang dijual dengan harga murah mulai harga Rp 2ribu-Rp 10ribu. Tenyata laris, sampai pembelinya tidak sabar, acara belum mulai sudah penuh pembeli.

Ketua Penyelenggara Kegiatan Ramadhan 1436 H, Bambang Hartoyo di Masjid Al Ikhlas Plamongan Hijau menjelaskan kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mendidik sedini mungkin anak usia TK sampai SD mengenal pendidikan Agama Islam dasar serta melatih ketrampilan menggambar dan mewarnai bernuansa Islami.

Ada pula kegiatan fashion show berbusana muslim. “Dalam kegiatan bazarnya diharapkan bisa berbagi dengan kaum dhuafa yang dibagikan di beberapa RT dan RW Kelurahan Pedurungan Kidul ada sebanyak 510 paket yang disalurkan pada yang berhak,” katanya.

Berupa sembako, lanjutnya, yang apabila dirupiahkan seharga Rp 60ribu namun hanya dibayar Rp 30ribu oleh yang berhak menerima.

“Dari 510 paket ini kami menggratiskan sekitar 25 orang tanpa membayar sepeser pun yaitu orang yang berkontribusi terhadap kegiatan festival anak sholeh dan bazar ini. Seperti, orang pemasang tenda, guru-guru TPQ di masjid Al Ikhlas, penjual air mineral di area masjid,” tambahnya.

Hari ini yang hadir dalam festival anak sholeh se Kota Semarang ada sekitar 175 anak.

Kegiatannya meliputi lomba menggambar dan mewarnai, lomba cerdas cermat, hafalan surat-surat pendek. Dari sekian perlombaan tersebut dari tingkat SD-TK akan dilihat yang terbaik dan dipilih juara I, II, dan III.

Hadiahnya berupa sertifikat, trofi, uang binaan. Juara I sebesar Rp 125rb, juara II sebesar Rp 75rb dan juara III Rp 50rb. Dananya berasal dari donatur dan dana dari takmir masjid Al Ikhlas dan kerjasama sponsor.

Selain itu juga dalam rangka kegiatan beasiswa anak TPQ di lingkungan Masjid Al Ikhlas. Harapannya, yang mendapat juara I, II dan III mendapat sertifikat yang ditandatangani langsung oleh Walikota Semarang. Sehingga bisa membantu adik-adik masuk ke sekolah jenjang berikutnya.

Dewi Novitasari, Ibu dari Afifah Hanin berusia 9 tahun dari SD Miftahul Hidayah yang mengikuti lomba mewarnai menjelaskan mengajak anaknya mengikuti Festival Anak Sholeh untuk melatih mental, ingin meraih prestasi dan mengingat hafalan surat pendek.

Begitu pula dengan Abdu Robbi Rasul Nuh Al Hawary Juara I Lomba Cerdas Cermat mengungkapkan rasa bahagia bisa menjawab pertanyaan dan menjadi juara pertama. “Bisa menambah pengalaman,” ujarnya. (Mg-1)