Home Ekbis Entaskan Kemiskinan, Sido Muncul Dirikan Ribuan Cafe Jamu

Entaskan Kemiskinan, Sido Muncul Dirikan Ribuan Cafe Jamu

— Minum Jamu Serasa Minum Sirup di Kafe
— Mendirikan Kafe Jamu hanya Bermodal Rp 1 Juta

Jakarta, 30/8 (BeritaJateng.net) – Untuk membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul TBk melakukan inovasi dengan mendirikan dan mengembangkan ribuan kafe jamu di Indonesia.

“Dengan berdirinya ribuan kafe jamu di Indonesia, dapat dipastikan akan memberikan peluang pekerjaan bagi jutaan orang hingga diharapkan tingkat kesejahteraan mereka akan semakin meningkat,” ujar Dirut Sido Muncul Sofyan Hidayat, Selasa (30/8/2016) di Jakarta.

Menurut Sofyan, setelah peresmian Sentra Jamu Indonesia (SJI) di Jalan Panjang Arteri Kelapa Dua No. 27 Kebon Jeruk Jakarta Barat pada 10 Agustus 2016 lalu, kini pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi pendirian Kafe Jamu di Jakarta.

“Untuk pendirian kafe jamu dimulai dari Jakarta dan sekitarnya, kemudian disusul kota-kota lainnya di Indonesia. Tidak hanya di perkotaan, sasaran Kafe Jamu ini juga akan kita dirikan di pedesaan. Target sementara ini kita akan mendirikan 20 ribu kafe jamu di Indonesia,” tambah Sofyan Hidayat.

Direktur Utama Sido Muncul Sofyan Hidayat
Direktur Utama Sido Muncul Sofyan Hidayat

Lebih lanjut Sofyan mengatakan, program usaha Kafe Jamu ini selain agar masyarakat mudah mendapatkan usaha dan pekerjaan, juga untuk mendorong minat wirausaha bagi semua lapisan masyarakat di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Dengan mengintensifkan kewirausahaan seperti Kafe Jamu ini, pengangguran bisa sedikit teratasi, karena kewirausahaan sebagai alternatif mata pencaharian bagi masyarakat, sehingga usaha Kafe Jamu Sido Muncul merupakan usaha baru yang menjanjikan,” tambahnya.

Untuk menjadi pengusaha kafe jamu Sido Muncul, Sofyan Hidayat mengatakan tidak memerlukan modal puluhan juta, hanya bermodalkan Rp 1 juta, sudah bisa menjadi pengusaha kafe jamu.

“Untuk mendirikan usaha kafe biasanya kan butuh puluhan juta bahkan ratusan juta, tapi untuk kafe jamu ini hanya butuh Rp 1 juta, itu pun untuk keperluan pembelian alat-alat seperti blander dan pembelian berbagai jenis jamu produk Sido Muncul di agen-agen terdekat,” tambah Sofyan.

Apa sih kelebihannya kafe jamu Sido Muncul ini ? Sofyan menjelaskan kafe jamu ini merupakan tempat penjualan jamu modern dan jamu yang dihasilkan tidak pahit, sehingga minum jamu serasa minum sirup di Kafe.

“Minum jamu serasa minum sirup, tidak pahit sama sekali dan serasa kongkow di kafe modern,” tutur Sofyan.

Sido Muncul

Bahkan hebatnya kafe jamu ini tambah Sofyan, dapat dimiliki oleh masyarakat meski tidak memiliki kios atau warung, tetapi siapapun bisa mendirikan cafe jamu melalui tempat seperti teras, rumah, ruangan, bahkan juga bisa dijual melalui asongan maupun pedagang menggunakan sepeda motor untuk berkeliling.

“Untuk mendukung program kafe jamu ini, kami telah menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk permodalannya, karena BRI memiliki jaringan sangat luas hingga di pedesaan dan BRI siap memberikan pinjaman kredit bagi masyarakat maupun pedagang jamu yang akan ikut mengembangkan cafe jamu hingga di pelosok pedesaan,” tambahnya.

Dari sisi bisnis lanjut Sofyan, usaha cafe jamu ini sangat menjanjikan dan dipastikan memberikan keuntungan tidak sedikit, untuk satu pedagang bisa meraup keuntungan Rp 4 ribu sampai Rp 5 ribu.

“Kalau pedagang bisa menjual 50 gelas saja perhari, dalam satu bulan mengantongi keuntungan di atas Rp 5 juta,” tambahnya lagi. (BJ)

Advertisements