Home Headline Empat Orang ini Sudah Ambil Formulir Pendaftaran Walikota Semarang

Empat Orang ini Sudah Ambil Formulir Pendaftaran Walikota Semarang

image
Ilustrask

Semarang, 8/1 (Beritajateng.net) – Setidaknya sudah ada empat kandidat yang meramaikan proses penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Semarang yang dibuka PDI Perjuangan, baik kader maupun nonkader.

“Sementara ini sudah ada empat orang yang mengambil formulir pendaftaran,” kata Sekretaris Tim Penjaringan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2016-2021 Bambang Sutrisno di Semarang, Kamis.

Ia menjelaskan keempat orang yang mengambil formulir itu bukan hanya berasal dari kader PDI Perjuangan, melainkan dari berbagai latar belakang, seperti akademisi, aktivis, dan profesional.

Satu orang, kata dia, yakni Bambang Husodo berniat mendaftar untuk posisi bakal calon Wali Kota Semarang, sementara ketiga kandidat lainnya untuk posisi bakal calon wakil wali kota.

Keempatnya, yakni Bambang Husodo, staf komisaris Bank Jateng, Hermansyah Bakri yang dikenal sebagai aktivis, Purnomo Ari Wibowo pengajar STIMAR AMNI Semarang, dan anggota DPRD setempat Kadarlusman.

“Proses pendaftaran, diawali pengambilan formulir. Setelah formulir diisi dan semua persyaratan dipenuhi, dikembalikan lagi ke kami. Pendaftaran dibuka mulai 6-21 Januari 2015,” kata Bambang.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, kata dia, antara lain pemahaman tentang Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, tidak sedang menghadapi proses hukum, dan tidak sedang pailit.

“Setelah semua nama masuk, kami akan kirim ke DPP PDI Perjuangan melalui DPD provinsi. Nanti, DPP akan memberi kesempatan DPC melakukan rapat koordinasi cabang khusus (rakorcabsus),” tukasnya.

Sebagaimana diinstruksikan DPP PDI Perjuangan, kata dia, penjaringan dan penyaringan akan menetapkan tiga nama, yakni satu nama untuk posisi calon wali kota dan dua nama untuk calon wakil wali kota.

“Ketiga calon tetap ini nantinya harus mengikuti sekolah partai. Sekolah partai ini penting karena tidak cukup hanya mengandalkan loyalitas dan kepedulian kandidat terhadap partai,” kata Bambang.

Sementara itu, salah satu kandidat, Bambang Husodo, mengatakan keputusannya mendaftar sebagai bakal calon wali kota didasari rasa dan keinginan untuk mengabdi kepada masyarakat Kota Semarang.

Keputusannya untuk mendaftar melalui PDI Perjuangan, kata dia, mengingat partai berlambang banteng itu membuka kesempatan kepada seluruh kalangan untuk mendaftar, bukan hanya kader.

“Saya memang bukan kader PDI Perjuangan, tetapi mekanismenya kan harus lewat parpol. Ya, saya ikuti. Sekarang masih melengkapi persyaratan, nanti setelah lengkap, saya serahkan formulir,” katanya.(Ant/Bj02)

Advertisements