Home Hukum dan Kriminal Empat Lembaga Advokat akan Bersatu

Empat Lembaga Advokat akan Bersatu

— Deklarasi Direncanakan 17 Agustus 2016

SEMARANG, 5/8 (BeritaJateng.net) – Empat organisasi advokat di Jawa Tengah akan merencanakan untuk deklarasi bersatu diantaranya, Kongres Advokat Indonesia (KAI), Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) dan Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI). Deklarasi tersebut sudah diagendakan akan dilangsungkan di ruang rama dan shinta, Hotel Patrajasa, Semarang pada 17 Agustus 2016.

Adapun yang menjadi inisiator pemersatuan advokat tersebut, diantaranya adalah Ketua KAI Jateng John Ricard Latuihamallo, Ketua Peradi Kota Semarang Broto Hastono dan Reza Kurniawan, Ketua IKADIN Jateng HM Rangkei Margana, Ketua HAMI Jateng Sujiarno Broto Aji, serta advokat Muhammad Rofian dan Feri Satarianto.

John Ricard Latuihamallo menjelaskan, bahwa pertemuan semua advokat di kantor Broto Hastono merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang digelar di Pesta Kebun sebelumnya, untuk membahas pelaksanaan deklarasi advokat Jateng bersatu.

Pihaknya berharap semua advokat di Jateng bisa hadir dalam pertemuan tersebut, ia menyatakan dalam deklarasi tersebut bertujuan membuat ikatan advokat baru dalam kebersamaan.

“Semua advokat di Jateng harus ikut acara deklarasi nanti yang digelar 17 Agustus . Agendanya akan digelar pada jam 13.00 di Hotel Patrajasa, kami juga sudah mengagendakan audiensi dengan Gubernur Jateng dan Walikota Semarang terkait deklarasi tersebut,”kata Jhon kepada wartawan disela-sela rapat persiapan deklarasi tersebut, Jumat (5/8/2016) sore.

Selanjutnya, Broto Hastono menilai dengan adanya deklarasi tersebut tentunya bisa menjadikan atmosfir baru, yang awalnya advokat terkotak-kotak nanti di Jateng khususnya bisa bersatu.

Dengan begitu, lanjut Broto, semua advokat bisa terpayungi secara hukum dalam melaksanakan profesinya sebagai advokat. Bahkan pihaknya memastikan, dalam acara deklarasi tersebut akan ada diskusi panel yang membahas penanan advokat dalam penegakkan hukum di Indonesia.

“Jadi dengan adanya deklarasi tersebut, kita nanti bisa sejajar dengan profesi penegak hukum lain. Kita juga berharap dengan dibentuknya deklarasi advokat ini, benar-benar bisa menjadi embrio yang baru menuju kesetaraan penegak hukum lainya,” imbuhnya.

Sementara itu, HM Rangkei Margana menyambut baik dengan adanya deklarasi advokat bersatu di Jateng, dengan begitu nantinya akan ada kesamaan pandangan antar advokat di Jateng. Pihaknya memperkirakan dalam deklarasi tersebut akan ada 2 ribu advokat yang hadir di seluruh Jateng.

Dipilihnya deklarasi pada 17 Agustus karena adanya momenetum perayaan kemerdekaan negara Indonesia, dengan begitu nantinya juga bisa dijadikan sebagai pengigat momentum advokat Jateng bersatu.

“Kita ndak mau dipecah-pecah. Kita berharap dengan berstunya advokat ini, nanti bisa sejajar dengan hakim, jaksa, polisi sehingga dalam pelaksanaanya tidak bisa dilecehkan dengan penegak hukum lainya,” ungkapnya.

Kemudian, Sujiarno Broto Aji hanya menyatakan dengan deklarasi tersebut tentunya juga sebagai bentuk Indonesia bersatu dan advokat Jateng bersatu.

“Ini merupakan momentum yang tepat, kami mendukung penuh,” kata Sujiarno didampingi Theodorus Yosep Parera.

Terpisah, Ketua steering committee deklarasi advokat Jateng bersatu, Muhammad Rofian menyatakan, tujuan diadakan deklarasi tersebut bertujuan untuk mempersatukan organisasi advokat di Jateng yang nantinya hubungan bisa terjalin dengan baik dan semakin kompak serta solid.

“Nanti saat deklarasi juga sekaligus melakukan penandatanganan bersama sebagai bentuk bersatunya advokat di Jateng yang dilakukan Peradi, KAI dan IKADIN,” tandasnya. (BJ)

Advertisements

1 COMMENT

Comments are closed.