Home News Update Empat Kandidat Ikut Uji Kompetensi Partai Golkar

Empat Kandidat Ikut Uji Kompetensi Partai Golkar

image

Semarang, 5/7 (BeritaJateng.net) – Partai Golkar Kota Semarang menggelar uji kompetensi terhadap empat kandidat yang mendaftarkan diri melalui koalisi Tugu Muda untuk diusung pada Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Semarang.

“Kami lakukan uji kompetensi bagi para bakal calon wali kota dan wakil wali kota, setelah itu dilanjutkan Rapimdasus,” kata Ketua DPD II Partai Golkar Kota Semarang Agung Priyambodo di Semarang, Minggu (5/7).

Empat kandidat pilkada hadir dalam uji kompetensi yang digelar Golkar di Hotel Pandanaran Semarang, yakni Soemarmo Hadi Saputro, Mahfudz Ali, Djoko Setijowarno, dan Rudy Sulaksono.

Agung mengatakan para kandidat diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja jika terpilih pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Semarang 2015.

“Uji kompetensi ini merupakan tahapan selanjutnya dari proses penjaringan dan penyaringan. Kami ingin mengetahui kapasitas para bakal calon yang mendaftar melalui Golkar,” katanya.

Makanya, kata anggota Komisi B DPRD Kota Semarang tersebut, para pakar dari berbagai disiplin ilmu diundang untuk mengetes dan menguji kompetensi dari masing-masing bakal calon.

Ia menyebutkan hanya empat kandidat yang bertahan sampai proses uji kompetensi itu, sebab beberapa kandidat lainnya mengundurkan diri, termasuk politikus Partai Persatuan Pembangunan, dr Syafi’i.

“Beberapa pekan lalu, dr Syafi’i menyatakan mundur dari proses pencalonan sehingga tidak kami undang. Setelah ini, kami akan menggelar rapat pimpinan daerah khusus (rapimdasus),” katanya.

Dari hasil rapimdasus, kata dia, akan diputuskan kandidat yang akan diusung Golkar pada Pilwakot Semarang 2015, dan dikonsultasikan kepada DPD I Partai Golkar Jateng dan DPP Partai Golkar.

Sesuai mekanisme dan aturan di Golkar, kata dia, proses penjaringan dan penyaringan, serta pengusulan menjadi kewenangan DPD II Golkar Kota Semarang, namun keputusan akhir tetap di DPP Partai Golkar.

“Ya, nanti pasti akan didiskusikan. Namun, sepertinya DPP Partai Golkar lebih banyak memberikan restu terhadap kandidat yag diusulkan, kecuali ada dinamika yang lain,” pungkas Agung.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rapimdasus Partai Golkar Kota Semarang Ade Wardana mengatakan uji kompetensi merupakan salah satu rangkaian dari proses penjaringan dan penyaringan bakal calon.

“Kami menargetkan kegiatan ini bisa tuntas sebelum 15 Juli mendatang. Kami ingin segera memutuskan. Bahkan, kalau bisa pada 10 Juli nanti sudah ada nama yang diusulkan,” katanya.

Di Kota Semarang, Golkar tergabung dalam Koalisi Tugu Muda bersama dengan dua partai politik, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat untuk menghadapi pilkada.

Sesuai kesepakatan koalisi, uji kompetensi dilakukan masing-masing parpol, dan PKS sudah melakukannya lebih dulu pada Selasa (30/6) lalu, dilanjutkan Golkar, dan terakhir Demokrat. (BJ05)