Home Lintas Jateng Empat Juta Warga Jateng Belum Miliki E-KTP

Empat Juta Warga Jateng Belum Miliki E-KTP

Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 6/3 (BeritaJateng.net) – Kepala Dinas Kependudukan Jateng, Wika Bintang mengungkapkan hingga saat ini masih banyak warga Jawa Tengah belum memiliki Elektronik KTP atau E-KTP.

Dari 26 juta penduduk yang berhak memiliki KTP, baru 22 juta yang memiliki E-KTP. Sisanya 4 juta penduduk Jawa Tengah belum memiliki E-KTP dengan berbagai alasan.

“Hingga kini penduduk Jawa Tengah yang memiliki E- KTP baru 80 persen, 20 persen sisanya akan kita selesaikan secepatnya,” ujar Wika Bintang saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/3/2015).

Dari 35 kota/ kabupaten di Jawa Tengah, daerah yang masyarakatnya terbanyak belum memiliki E-KTP adalah Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal. Dimana dikedua kabupaten ini penyerapan E-KTP dibawah 80 persen.

“Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal berada di rangking terendah penyerapan E-KTP, daerah yang lain sudah lebih dari 75 persen,” ujarnya.

Wika berharap masyarakat yang belum memiliki E-KTP segera mengurusnya di Kantor Pencatatan Sipil setempat. Per 1 Januari 2015 KTP non elektronik sudah tidak berlaku lagi. (BJ28)