Home Headline Ekspos Kasus Dana Bansos Ditunda, Kejati Segera Tetapkan Tersangka

Ekspos Kasus Dana Bansos Ditunda, Kejati Segera Tetapkan Tersangka

image

Semarang, 22/6 (Beritajateng.net)- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah menunda ekspos kasus  korupsi dana bantuan sosial (bansos) kemasyarakatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2011, Senin (22/6).

Penundaan itu dilakukan karena pihak penyidik belum siap untuk melakukan ekspos.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Hartadi mengatakan hari ini sebetulnya akan mengadakan ekspos. Hal itu dilakukan dengan tujuan menaikkan status tersangka terkait ekspos kasus dana Bansos.

“Sebetulnya hari ini memang mau dilakukan ekspose (internal penyidik) untuk peningkatan status tersangka. Tapi, tadi kurang (penyidiknya) jadi ditunda, kalau enggak besok ya Rabu. Untuk peningkatan status (dari saksi ke tersangka),” kata Hartadi, Senin (22/6).

Saat ditanyakan apakah rencana peningkatan status tersangka itu adalah untuk saksi Agus Suranto, Hartadi tak membantahnya.

“Nanti dilihat saja ya,” tambah Hartadi.

Diketahui, hasil audit BPKP Jawa Tengah, penyimpangan dana bansos itu didominasi proposal fiktif. Indikasi penyimpangan uang negara itu mencapai Rp26,8miliar. Penyidik Pidana Khusus Kejati Jateng menemukan bukti-bukti kuat ada pengajuan proposal melalui jalur Biro Keuangan dalam bentuk nota dinas.

Proposal yang dikirim dengan nota dinas biro keuangan ini tidak dilakukan pengkajian. Alasannya, jalur permohonan bansos melalui nota dinas Kepala Biro Keuangan adalah kebijakan pimpinan, sehingga tidak perlu dikaji lagi.(BJ04)