Home Headline Edarkan Psikotropika, Tiga Pemuda Ditangkap Polisi

Edarkan Psikotropika, Tiga Pemuda Ditangkap Polisi

Cilacap, 7/10 (BeritaJateng.net – Satuan Reserse Narkoba Polres Cilacap berhasil menangkap tiga pelaku yang diduga menyalahgunakan narkoba jenis obat psikotropika. Mereka ditangkap dari tempat dan waktu yang berbeda.

Masing-masing adalah AR alias Tekle (21) warga Dusun Kalireja Desa Kaliwungu Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap dan AM alias Kampleng (22) warga Dusun Medeng Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. Seorang pelaku lagi, RH alias Gembul (23) warga jalan Timah Kelurahan Karangtalun Kecamatan Cilacap Utara.

Penangkapan RH setelah pengembangan pemeriksaan terhadap dua pelaku yang ditangkap sebelumnya.

Keduanya ditangkap di pinggir jalan Raya Cinyawang Patimuan Cilacap dan saat digeledah ditemukan barang berupa 84 pil yang berwarna kuning (dextromethorphan) sebuah handphone serta uang tunai 250 ribu diduga hasil penjualan obat.

Kasat Narkoba Polres Cilacap AKP Sumanto SE menjelaskan, penangkapan terhadap pelaku merupakan hasil informasi dari masyarakat yang merasa resah dengan peredaran obat berbahaya di wilayah Patimuan Cilacap.

Dari penengkapan tersebut petugas berhasil mengembangkan kasus penjualan obat psikotripika lainnya dan kembali berhasil menangkap seorang pelaku yang diduga menyalahgunakan Narkoba. Kali ini petugas menyita ratusan butir obat penenang dari pelaku.

“Pelaku yang ditangkap adalah RH alias Gembul (23) warga jalan Timah Kelurahan Karangtalun Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap,” kata Kasat Narkoba.

Obat-obatan yang disita dari para pelaku merupakan jenis obat yang harus dibeli dengan resep dokter, karena bahaya efek sampingnya. Namun oleh para pelaku justru disalahgunakan dan diperjualbelikan secara bebas.

“Sasaran penjualan obat obatan tersebut adalah anak – anak muda dan dikonsumsi dengan dosis yang berlebih” kata dia.

Sementara terhadap para pelaku diproses hukum. AM dengan ancaman hukuman sesuai jeratan pasal pasal 98 (2) dan (3) Jo pasal 196 sub pasal 197 Jo pasal 106 (1) sub pasal 108 (1) Jo pasal 198 UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Terhadap dua pelaku lainnya kami jerat dengan pasal 60 ayat 2 sub pasal 62 UU RI No. 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika masing masing dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara,” tambah Kasat Narkoba. (BJ33)

Advertisements