Home Headline Duh!!! Bus Rombongan Calon Haji Terguling Di Tol Jatingaleh

Duh!!! Bus Rombongan Calon Haji Terguling Di Tol Jatingaleh

748
Bus Rombongan Calon Haji Terguling Di Tol Jatingaleh
       Semarang, 22/7 (BeritaJateng.net) – Kecelakaan menimpa bus pengantar calon jamaah haji asal Prapag Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (20/7) malam.
       Bus Bhineka sangkuria, bernomor polisi E 7713 B terguling setelah terlibat kecelakaan dengan truk pengankut pasir, di dekat gerbang Tol Jatingaleh, tepatnya di ruas jalan tol KM 9+700 Jatingaleh, Kota Semarang.
        Kejadian tersebut bermula saat sopir bus bernama Diwa Iwa Sumantri, warga Jalan Let Wargana, Kelurahan Lemah Abang, Indramayu, Jawa Barat, melaju dari arah solo melintas di jalan tol tembalang dan hendak kembali ke Brebes.
        “Awalnya melaju di lajur kanan, tiba-tiba ada truk yang berada di lajur kiri ambil lajur ke kanan tidak memberikan lampu isyarat, akibatnya bus itu tidak bisa mengendalikan hingga akhirnya nabrak dari belakang,” kata salah satu pengantar calon jamaah haji, Nursyid.
       Salah satu pengemudi rombongan bus, Kursid, warga Indramayu mengatakan, saat kejadian bus membawa kurang lebih 59 penumpang. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Tadinya bus aman, trobelnya ya setelah kecelakaan,” katanya.
       Para penumpang bus yang tidak mengalami luka langsung dipindah ke bos rombongan lain
       Sementara itu Kasubdit PJR Tol Semarang, Ipda Tri Budi mengatakan bus dari Asrama Haji Donohudan Solo tersebut oleng ke kiri dan terguling hingga menabrak pembatas jalan tol. Sebanyak 15 orang mengalami luka ringan sementara satu penumpang luka berat. Para korban sudah dibawa ke Rumah Sakit (RS) Dokter Kariadi dan Elizabeth Semarang.
        “Ini rombongan dari Solo menuju pulang ke Brebes habis mengantar rombongan haji. Mereka sebenarnya ada empat bus, ini yang terakhir. Jumlah penumpang sekitar 30 orang,” ujarnya.
         Sejumlah penumpang berusaha mengumpulkan barang-barang yang terlempar keluar. Dia menjelaskan proses evakuasi badan bus memerlukan waktu selama dua jam. Sementara tiga bus yang selamat, menunggu di dekat lokasi kejadian. Polisi kini masih mencari keberadaan truk yang diduga menjadi penyebab kecelakaan.
         Pasca kejadian ini, truk yang terlibat kecelakaan langsung kabur.  Truk tersebut meninggalkan barang bukti sebuah ban serep  yang terjatuh dan tertinggal di lokasi kejadian. Saat ini, kejadian tersebut masih dalam penanganan Unit Laka Satlantas Polrestabes Semarang. (Nh/El)