Home Ekbis Duh.. Banyak Makanan Dicampur Zat Kimia Berbahaya

Duh.. Banyak Makanan Dicampur Zat Kimia Berbahaya

Tahu di Pasar Gede Cilacap mengandung bahan kimia berbahaya.
Tahu di Pasar Gede Cilacap mengandung bahan kimia berbahaya.
Tahu di Pasar Gede Cilacap mengandung bahan kimia berbahaya.

Cilacap, 3/7 (BeritaJateng.net) – Petugas tim gabungan Pemkab Cilacap menemukan adanya bahan makanan yang mengandung campuran zat-zat kimia yang dijual para pedagang disejumlah pasar wilayah Cilacap. Diantaranya terdapat campuran formalin, borak, pewarna tekstil maupun zat kimia lain yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Temuan ini terungkap dalam sidak menjelang Idul Fitri ini seperti yang dilakukan di Pasar Gede Cilacap. Ironisnya beberapa pedagang mengaku mereka tidak mengetahui adanya kandungan formalin atau zat adiktif pada bahan makanan yang dijualnya.

“Selama ini saya jualnya seperti ini. Ngga ngerti kalau ternyata ini ada kandungan bahan kimianya,” ujar pedagang mie kuning yang ditemui petugas dalam sidak tersebut, Jum’at (3/7).

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Cilacap bersama tim gabungan bergerak cepat untuk mengamankan barang-barang tersebut.

“Yang paling penting kami langsung meminta kepada seluruh pedagang di Cilacap untuk waspada dan mengetahui soal kandungan zat kimia. Kalau sudah tahu, jangan menjualnya, karena dampak negatifnya,” ujar Kabid Perdagangan pada Disperindakop UKM, Bambang Tutuko.

Selain mie kuning, kandungan bahan kimia juga terdapat pada ikan kering, tahu, tempe dan berbagai komoditi lainnya yang banyak dijual dipasaran.

“Persoalannya ketika masyarakat dan pedagangnya sendiri tidak mengetahui hal ini. Memang butuh sosialisasi yang intens kepada masyarakat agar tidak menggunakan formalin borak maupun zat pewarna atau zat adiktif lainnya” katanya. (BJ33)