Dubes Inggris Owen Jenkis Kagum dengan Revitalisasi Kota Lama Semarang

Semarang, 17/1 (BeritaJateng) – Duta Besar (Dubes) Inggris Owen Jenkis menunjukkan ke kagumannya saat kunjungan kerja ke Kota Lama Semarang, Selasa (17/1).

Owen Jenkis merasa takjub dengan revitalisasi Kota Lama yang dilakukan oleh pemerintah kota (Pemkot) Semarang. Menurutnya, kota lama memiliki banyak potensi besar, sehingga kolaborasi nantinya dengan pemerintahan Inggris akan membuat lebih berkembang.

“Saya sangat senang dapat berkunjung di Kota Lama Semarang, ini merupakan pertama bagi saya dalam kunjungan kerja. Setelah berkeliling saya sangat terkesan dengan Kota Lama Semarang, ini merupakan kreatif hub atau pusat industri kreatif yang sangat bagus sekali,” ungkap Owen saat wawancara bersama media di Taman Srigunting Kota Lama Semarang.

Menurutnya, kunjungan kami ke Kota Lama ini merupakan hubungan antara Inggris dengan Pemerintah Kota Semarang, dan dilihat ada potensi yang sangat besar dan ditingkatkan kolaborasinya dengan Pemerintah Inggris.

“Banyak sekali potensi besar yang dapat ditingkatkan bersama Pemerintah Inggris, terutama dalam bidang transportasi yang mana menindaklanjuti MoU kami dengan Kementrian Perhubungan RI, dengan sistem transportasi dan area-area lain yang kami jajaki selain Kota Lama Semarang,” ucapnya.

Selain itu, Dubes Inggris Owen Jenkis menjelaskan bahwa tak hanya transportasi saja, namun pendidikan, industri kreatif, dan pariwisata.

Dikatakannya bahwa sistem transportasi yang berkelanjutan itu dapat mendongkrak ekonomi dan mengurangi polusi, dan Kota Lama Semarang ini terlihat sekali potensinya sangat besar.

“Saya berkeliling dan sangat bagus sekali, saya terkesan dengan langkah-langkah Pemkot Semarang yang merevitalisasi Kota Lama Semarang ini, mendatangkan ekonomi hingga menjadi pusat kreatif hub dan mendukung kreatif ekonomi. Saya berterimakasih atas keramahtamahan Pemkot Semarang dan tentunya banyak area yang perlu kita kolaborasikan dan kita diskusikan yang bisa membuat Semarang Semakin Hebat,” tuturnya.

Owen Jenkis menyebut jika sebuah kota semakin berkembang, maka sistem transportasinya perlu ditingkatkan lebih baik. Sistem transportasi harus ramah lingkungan, dapat diakses oleh semua orang termasuk difabel.

Salah satunya ada di Kota Lama Semarang ini yang nantinya akan dikerjakan berkelanjutan oleh perusahaan Inggris PT ARUP.

PT. ARUP ini nantinya secara berkelanjutan akan menghubungkan transportasi publik dan transportasi pusat-pusat kota. Rencananya proyek kedua transportasi ini menjadi berkelanjutan dengan transit oriented development yang berorientasi pada sarana dan prasarana transportasi publik. (Ak/El)

Leave a Reply