Home Lintas Jateng Dua Tahun Ambruk, Rumah Mbah Makruf Tak Tersentuh Bantuan

Dua Tahun Ambruk, Rumah Mbah Makruf Tak Tersentuh Bantuan

image

Jepara (21/6), beritajateng.net  –  Kondisi rumah Makruf (73) warga RT 6 RW 4 Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung,  sangat memprihatinkan. Rumah yang terbuat dari anyaman bambu itu sudah ambruk.

Makruf mengatakan kondisi rumah itu sudah ambruk sejak dua tahun lalu. Bangunan dapur rumahnya bahkan tak memiliki ruang untuk dapat ditempati. Makruf dan Alfiyah (71) istrinya hanya dapat menempati bekas ruang tamu.

Dia memanfaatkan ruang loteng dari atap rumahnya untuk berteduh dari panas terik matahari maupun terpaan dinginnya angin malam. Untuk memasuki rumahnya perlu membungkukkan badan.

Reruntuhan rumahnya tak menyisakan cukup ruang untuk selonjor. “Kalau shalat di sini,” tunjuk, istri Makruf.

Sementara itu, Makruf mengatakan bila ia butuh mandi harus memanfaatkan MCK milik tetangganya, Romli.  “Saya dirikan rumah ini sekitar lima tahun lalu. Memang tak dipondasi, tiang-tiangnya asal tanam di dalam tanah. Jadi maklum gampang roboh,” ujar Makruf.

Makruf mengaku, dia bekerja sebagai buruh tani di desanya. Dia bekerja pada waktu-waktu tertentu saja, seperti saat masa tanam dan panen. Di luar itu, Makruf hanya menganggur.

Kondisi Alfiyah sendiri juga sudah tidak memungkinkan untuk dibuat bekerja. Sebab, istrinya sudah sangat tua dan berjalan membungkuk. Ia dan istrinya hanya tinggal di dalam reruntuhan atau puing rumahnya yang telah ambruk itu.

Makruf mengaku tak punya cukup ongkos untuk membangun lagi rumah baru. Ia mengatakan, pendapatan menjadi buruh tani hanya cukup untuk biaya makan sehari-hari dengan istrinya.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jepara Sunarto menyampaikan pihaknya telah melakukan kunjungan. Pihaknya juga sudah melaporkan kepada pemerintah kabupaten ihwal kondisi rumah tak layak huni tersebut.
“Kami sudah melaporkan hal ini kepada dinas terkait (Dinsosnakertrans). Tanggapan positif dari Pak Wakil Bupati (Subroto) akan membantu pemilik rumah tak layak huni itu,” ujar Sunarto. (BJ18)