Home Hukum dan Kriminal Dua Pelaku Pembunuhan Mahasiswa Unisri Divonis Bersalah

Dua Pelaku Pembunuhan Mahasiswa Unisri Divonis Bersalah

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Solo, 22/1 (beritajateng.net) – Pengadilan Negeri Solo, memvonis bersalah Lutfi Tedjo Putranto (33) dan Asep Buchori (21), warga Jalan Kalingga Utara, Kelurahan Kadipiro RT 08 RW 04, Banjarsari, Solo atas pembunuhan mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Danang Rusbianto (23).

Ketua Majelis Hakim Supriyono dalam sidang putusan, Kamis (22/1) menjatuhkan hukuman kepada Tedjo 13 tahun 5 bulan penjara. Lebih ringan dari tuntutan JPU (jaksa penuntut umum) yakni  14 tahun 5 bulan. Sedangkan untuk Asep Buchori, di vonis Hakim 7,5 tahun penjara lebih ringan dari tuntutan JPU 10 tahun penjara.

Penasehat hukumnya  kedua terdakwa Sutarto, mengaku vonis yang dijatuhkan pada keduanya  terlalu berat. Pihak akan pun berfikir untuk melakukan banding atas vonis tersebut.
“Kami masih akan pikir-pikir dengan vonis tersebut. Kami perlu membahas dengan tim dan kedua terdakwa untuk konsultasi,” ungkapnya di Solo Jawa Tengah, Kamis (22/1/2015).

Selanjutnya ungkap  Sutarto, sebagai penasihat hukum dirinya  hanya memberikan saran dan pertimbangan kepada kedua terdakwa. Keputusan akhir sepenuhnya diserahkan kepada Asep dan Tedjo.

Terpisah JPU Sutarno menilai berdasarkan bukti persidangan, Tedjo telah terbukti  menghilangkan nyawa  Danang menggunakan senjata tajam jenis celurit di Kadipiro, pada  akhir Agustus 2014 lalu sekitar  pukul 04.15 WIB.

JPU menuntut  Tedjo dengan Pasal 338 dan Pasal 170 ayat (2) KUHP tentang Pembunuhan.  Sedangkan pada  Asep dikenakan  sesuai pasal 170 ayat (2) KUHP tentang Penganiayaan.

Kasus pembunuhan tersebut berawal dari perseteruan Asep Buchori dengan korban yaitu Danang Rusbianto.
Tedjo yang kebetulan paman korban berusaha  membantu Asep saat itu . Dalam perkelahian tersebut yang terjadi pada bulan Agustus 2014 lalu  Tedjo menyabetkan celurit ke arah Danang yang mengakibatkan korban meninggal dunia akibat terkena sabetan clurit. (BJ24)

Advertisements