Home Headline Dua Pejabat BLH yang Lakukan Pungli Terima Sanksi Turun Pangkat

Dua Pejabat BLH yang Lakukan Pungli Terima Sanksi Turun Pangkat

Semarang, 16/11 (BeritaJateng.net) – Pemerintah kota (Pemkot) Semarang berikan sanksi tegas terhadap petugas Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang kedapatan melakukan pungutan liar atau pungli. Sanksi tegas berupa penurunan pangkat diberikan langsung Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

“Setelah melalui mekanisme sesuai dengan PP No. 53 tahun 2010 pasal 7, akhirnya hukuman disiplin tingkat berat dijatuhkan kepada dua pejabat BLH Kota Semarang berupa penurunan pangkat dan mutasi. Posisi dan jabatan keduanya digantikan oleh pejabat lain,” ujar Hendi–sapaan akrab Hendrar Prohadi saat pelantikan pejabat pengganti di ruang VIP Walikota Semarang dengan surat keputusan Walikota Semarang No : 821.2/ 746 tahun 2016, Rabu (16/11).

Dengan diberlakukannya sanksi tersebut, kedua pejabat bersangkutan diturunkan pangkat satu tingkat lebih rendah selama tiga tahun kedepan. Dengan diberlakukannya keputusan ini, pejabat bersangkutan turun pangkat satu tingkat lebih rendah dari yang sebelumnya IVa menjadi IIId dan pejabat IIId menjadi IIIc.

Pejabat yang mendapatkan sanksi adalah Kepala Bidang Pengkajian Dampak Lingkungan BLH Kota Semarang yang kemudian turun pangkat dan mutasi menjadi Kepala Bidang Pengelolaan Hasil Perikanan pada Dinas Kelautan dan Perikanan. Selain itu, Kepala Sub Bidang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan turun pangkat dan mutasi menjadi Kepala Seksi Konservasi dan Eksploitasi Sumber Daya Air pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Energi Sumber Daya Mineral.

Sebelum menjatuhkan sanksi, sejumlah mekanisme telah dilakukan sebagaimana prosedur yang diatur dalam PP 53 tahun 2010 dan Perka No 21 tahun 2010. Diantaranya, klarifikasi tim pengawasan dari Inspektorat, penyusunan berita acara pemeriksaan oleh atasan langsung untuk kemudian penjatuhan sanksi oleh Walikota.

Kepada para pejabat yang dilantik, Hendi berpesan untuk dapat menjalankan tugas sebaik mungkin sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban. Dirinya berpesan agar tindakan serupa tidak diulang lagi dan menjadi pembelajaran berharga bagi seluruh jajaran Pemkot Semarang.

“Ikuti arah dan aturan yang berlaku. Tentukan target dan output bagi pengembangan Kota Semarang sehingga untuk menjadi lebih baik dan hebat,” ungkapnya. (Bj)