Home DPRD Kota Semarang DPRD Trenggalek Studi Banding Perlindungan Hukum Warga Miskin di Kota Semarang

DPRD Trenggalek Studi Banding Perlindungan Hukum Warga Miskin di Kota Semarang

TRENGGALEKSemarang, 18/2 (Beritajateng.net) – DPRD Kota Semarang kembali menjadi rujukan DPRD Kota Kabupaten lain di Indonesia sebagai obyek studi banding.
Kali ini giliran DPRD Kabupaten Trenggalek yang melakukan studi banding. Dalam studi banding tersebut, DPRD Kabupaten Trenggalek belajar mengenai perlindungan hukum warga tidak mampu.
Rombongan dari DPRD Trenggalek yang terdiri dari 20 orang, di temui secara langsung oleh Wakil Ketua Komisi D Anang Budi Utomo dan Sekwan.
Ketua Rombongan DPRD Trenggalek yang juga ketua pansus 1 DPRD setempat, Syamsuri menuturkan, kunjungan ingin belajar dari DPRD kota Semarang mengenai pemberian bantuan hukum pada masyarakat miskin. Dipilihnya DPRD Kota Semarang, karena Kota Semarang sudah melaksanakan hal tersebut beberapa tahun yang lalu.
“Semarang sudah melaksanakan Perda pemberian bantuan hukum pada masyarakat miskin. Sehingga hal yang perlu dicermati agar dalam pelaksanaannya nanti tidak menimbulkan masalah,” ujarnya.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo mengaku, pemberian bantuan hukum pada warga miskin di Semarang sementara sudah masuk naskah akademik dan draft raperdanya di badan legislasi. Untuk kelanjutannya saat ini tinggal menunggu harmonisasi usai Perda kemiskinan yang sudah dipansuskan sudah mendekati ditetapkan.
“Penyusunan Raperda pemberian bantuan hukum warga miskin semarang pada prinsipnya pemerintah ingin memfasilitasi bantuan hukum pada warga miskin yang selama ini masih terpinggirkan,” tambahnya.
Dalam pembahasan Raperda tersebut, Anang mengakui bukan tanpa kendala karena perdebatan mengenai sejauh mana bantuan hukum tersebut diberikan pada warga miskin, pihaknya belum menemukan formula yang tepat.
“Kami sendiri masih menggodoknya untuk menemukan solusi yang tepat,” lanjutnya.(BJ05)