Home Headline DPRD Rancang Raperda Bergasmalang

DPRD Rancang Raperda Bergasmalang

gema gedung berlian

Semarang, 9/4 (Beritajateng.net) –  Kawasan Brebes, Tegal dan Pemalang (Bergasmalang) merupakan kawasan strategis pembangunan ekonomi wilayah Pantura Barat. Kawasan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat ini memiliki potensi ekonomi yang besar dan harus dikelola secara maksimal.

Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah yang juga menjadi Anggota Panitia Khusus (Pansus) Raperda Bergasmalang Ngainirrichardl mengungkapkan, saat ini pansus sedang melakukan berbagai kajian guna menyempurnakan raperda tersebut.

“Banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan di wilayah ini. Raperda ini bisa menjadi payung hukum untuk mengembangkan potensi wilayah Bergasmalang,” ungkapnya di Gedung Berlian, Kamis (9/4).

Dari konsultasi yang dilakukan Pansus di Kementrian Pekerjaan Umum, jelas Ngainirrichardl, ada beberapa hal yang harus di siapkan oleh pemerintah kabupaten di empat wilayah tersebut (Brebes, Tegal, Kota Tegal dan Pemalang=red) agar nantinya Raperda Bergasmalang ini memiliki manfaat buat masyarakat keempat kabupaten/kota dimaksud.

Diantaranya adalah perlunya dibuat Perda Tentang Bangunan Gedung (BG). Hal ini perlu dibuat sebagai cantolan untuk mendapatkan bantuan keuangan yang bersumber dari APBN khususnya infrastruktur yang menjadi tupoksi dari Kementrian Pekerjaan Umum. 

“Infrastruktur ini penting sekali guna tercapainya optimalisasi pengembangan ekonomi wilayah ini,” jelas pria yang akrab disapa Richard ini.

Selain masalah infrastruktur, tambah Richard, beberapa program lain dari pemerintah pusat yang bisa diakses kalau raperda ini sudah jadi adalah Penataan kawasan kumuh, sanitasi, perbaikan rumah tidak layak huni dan sebagainya.

“Belum lagi program yang bersentuhan langsung dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Raperda Bergasmalang merupakan turunan dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Rencana Induk Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Sehingga dimungkinkan setelah terbentuk Perda Bergasmalang perlu juga dibentuk Perda kawasan lain seperti Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen (Barlingmascakeb), Kendal, Demak, Ungaran, Semarang dan Purwodadi (Kedungsepur) dan sebagainya. (BJ13)