Home Headline DPRD Dukung Anjuran Penggunaan Pakaian Adat Jawa

DPRD Dukung Anjuran Penggunaan Pakaian Adat Jawa

ysSemarang, 16/2 (Beritajateng.net) – Kalagan DPRD Jateng merespon positif, anjuran Gubernur Jateng Ganjar Pronowo agar PNS di lingkungan Pemprov Jateng menggunakan pakaian adat Jawa pada setiap tanggal 15. Bahkan, mereka juga sepakat akan ikut menggunakan pakaian adat Jawa.

Komisi E selaku pihak yang menginisisi terbitnya Perda Budaya Jawapun sepakat untuk ikut mendukung anjuran tersebut dengan berbusana Jawa.

Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah AS Sukawijaya (Yoyok Sukawi) mengapresiasi langkah gubernur yang pada hari Senin (16/2) ini melakukan uji coba pengenaan busana Jawa di kalangan PNS Pemprov Jateng.

“Saya melihat bagus banget penerapan berbusana Jawa pada hari ini. langkah ini harus diteruskan”, ungkapnya di ruang Komisi E, Senin (16/2).

Menurut Yoyok, edaran Gubernur Ganjar Pranowo ini masih sebatas pada pegawai di lingkungan Pemprov Jateng, namun demnikian karena upaya ini cukup bagus, maka dirinya mengharapkan agar bupati/walikota di Jawa Tengah menerapkan aturan yang sama untuk PNS di lingkungannya.

Upaya melestarikan budaya Jawa dengan pengenaan busana Jawa ini menurut  yoyok bisa juga dilakukan oleh masyarakat umum. “Sudah banyak masyarakat di Solo dan Yogyakarta yang dalam kesehariannya menggunakan busana adat Jawa. Ternyata ini juga menarik bagi wisatawan”, tegasnya.

Pengenaa busana adat Jawa di Pemprov Jateng merupakan langkah kedua yang diterapkan gubernur setelah sebelumnya juga diterapkan penggunaan Bahasa Jawa setiap hari Kamis bagi PNS di lingkungan Pemprov Jateng. Kedua hal ini mendapatkan respon positif di kalangan masyarakat khususnya anggota dewan.(BJ013)

Advertisements