Home Headline DPRD Jateng Dorong Pembangunan Waduk Logung Segera Terlaksana

DPRD Jateng Dorong Pembangunan Waduk Logung Segera Terlaksana

hadi santosoSemarang,16/2 (Beritajateng.net) –  Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah Hadi Santoso mengharapkan agar pembangunan Waduk Logung Kabupaten Kudus dapat segera terlaksana, mengingat sangat pentingnya manfaat waduk tersebut bagi masyarakat di Kabupaten Kudus dan sekitarnya.

“Waduk ini bisa berfungsi untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di Kudus dan sekitarnya,” ungkapnya saat ditemui di Fraksi PKS DPRD Jateng , Senin (16/2).

Selain mengatasi banjir, jelas Hadi, Waduk ini juga dimaksudkan untuk mengatur pengairan bagi pertanian di sekitar waduh terutama saat musim kemarau tiba. Disamping itu bisa juga untuk pembangkit listrik tenaga air yang juga akan dibangun di masa yang akan datang.

Namun demikian pembangunan waduk sendiri ternyata tidak berjalan dengan mulus, mengingat sapai saat ini masih menyisakan 22 persen lahan yang belum selesai pembebasannya.

“Pemerintah akhirnya menempuh jalan konsinyasi untuk menyelesaikan pembebasan lahan  sebanyak 22 persen yang belum dicapai kata sepakat dengan pemiliknya,” jelasnya.

Ia menambahkan, lahan yang belum dibebaskan merupakan milik warga sekitar. Warga menolak melepas tanah, karena harga yang ditawarkan tidak sesuai. Warga meminta harga tinggi, sedangkan pemerintah tidak sanggup. Tidak hanya di waduk Logung, hampi semua proyek di Jateng masalah ada di pembebasan lahan.

Pembangunan Waduk Logung di Demak, rencananya bakal dimulai tahun 2015. Jika proyek ini berjalan lancar, maka waduk sudah bisa dioperasikan mulai 2018 mendatang.

Rencananya pembangunan waduk membutuhkan lahan seluas 196 hektare. Lahan ini  tersebar di Desa Tanjungrejo (Kecamatan Jekulo) dan Desa Kandangmas (Kecamatan Dawe) serta lahan milik Perum Perhutani. Pembangunan waduk ini merupakan program dari Pemerintah Pusat yang ada di Jateng.

“Untuk dana pembangunan dari pusat, kami di daerah hanya membantu untuk pembebasan lahan,” tambahnya.(BJ013)