Home Lintas Jateng DPRD Batang Kunjungan Kerja di Purbalingga

DPRD Batang Kunjungan Kerja di Purbalingga

DPRD Batang melakukan Kunjungan Kerja di Purbalingga.
        Purbalingga, 30/1 (BeritaJateng.net) – Salah satu indikator sebuah daerah dikatakan maju adalah adanya Universitas di dalamnya. Hal itu disampaikan ketua Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Batang H. Purwanto saat melakukan kunjungan kerja di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga Selasa (30/1) di Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo Purbalingga.
          Kabupaten Purbalingga dipilih DPRD Batang karena mereka ingin melakukan studi banding mengenai hibah tanah di Desa Blater Kecamatan Kalimanah yang menjadi Fakultas Teknik Universitas Jendral Soedirman. Dikatakan Purwanto, Universitas Diponegoro (Undip) yang akan membuka Fakultas Pertanian dan Perikanan di Kabupaten Batang membutuhkan regulasi serta payung hukum dalam hal hibah tanah dari Pemkab kepada Universitas.
          “Kami memilih Purbalingga sebagai tempat kunjungan kerja karena kami tahu Purbalingga pernah melakukan hibah kepada Universitas. Kami ingin tahu proses tersebut sehingga sekarang ada Fakultas Teknik Universitas Jendral Soedirman di Purbalingga,” kata Purwanto.
          Dia menuturkan, ingin mencermati pro-kontra seputar penghibahan tanah dan pembangunan Universitas. Apalagi menurutnya, Undip juga akan mendirikan peternakan sebagai tempat riset sekaligus bantuan hewan ternak yang tentu saja berpotensi menimbulkan polemic di tengah masyarakat setempat.
          “Undip juga akan membantu penyediaan hewan ternak. Kotoran, kebisingan dan lain sebagainya pasti berpotensi memunculkan pro-kontra,” imbuhnya.
         Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Purbalingga, Subeno yang bertindak sebagai pemateri mengatakan Kabupaten Purbalingga mulai bersurat kepada Universitas (Jendral Soedirman) mulai dari tahun 2004 namun sampai dengan 2005 belum ada respon. Ditambahkan Subeno, pembangunan Fakultas Teknik Universitas Jendral Soedirman baru mengalami percepatan pada 2008.
        “Dulu ada politeknik di Bojongsari. Namun dalam perjalanannya banyak kendala dan selanjutnya kami bersurat pada Universitas Jendral Soedirman untuk mendirikan cabang disini. Lalu pada 2008 terjadi percepatan komunikasi dan pembangunan,” ujar Subeno.
          Subeno juga mengatakan, ada beberapa Universitas yang ingin mendirikan cabangnya di Purbalingga berkat kesuksesannya membangun cabang Universitas Jendral Soedirman di Purbalingga. Subeno mencatat ada Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang ingin mendirikan Fakultas Kedokteran di Purbalingga dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto. (yit/El)
DPRD Batang melakukan Kunjungan Kerja di Purbalingga.