Home News Update DPP PDIP Tanting Tujuh Balon Kepala Daerah

DPP PDIP Tanting Tujuh Balon Kepala Daerah

image

SEMARANG, 24/6 (Beritajateng.net)-Tujuh orang bakal calon (Balon) kepala daerah yang mendaftar di PDI Perjuangan, Kamis (25/6) besok dipanggil DPP. Pemanggilan tersebut untuk diberitahukan hasil pleno DPP terkait calon yang direkomendasi. 

Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah Agustina Wilujeng mengemukakan, selain memberitahukan hasil pleno, calon yang diundang juga akan ditanya kesiapan pemenangannya dan menginginkan berpasangan dengan siapa. Namun demikian Agustina belum mengetahui persis ketujuh daerah itu mana saja. Dia mengaku hanya mengetahui tiga daerah yakni Kab Sukoharjo, Kota Surakarta dan Kab Boyolali. Sementara empat daerah lainnya akan diinformasikan kemudian.

“Intinya calon tersebut akan ‘ditanting’ sejauhmana kesiapan dirinya untuk mengamankan rekomendasi dan memenangkan pilkada,” ungkapnya saat dihubungi Rabu (24/6).

Agustina menambahkan, sebagai pengurus DPD, dirinya sudah menyampaikan agar masing masing calon menyiapkan diri seandainya sewaktu waktu dipanggil DPP, karena DPP tidak mengagendakan secara pasti daerah dan tanggal pemanggilannya.

Sebenarnya, sambung Agustina, pada sesi ini ada sembilan nama yang akan mendapat rekomendasi. Namun, dua nama yakni dari Kota Magelang dan Kabupaten Pemalang telah diputuskan.

Untuk Kota Magelang, PDIP akan mengusung Sigit Widyonindito MT sebagai wali kota yang akan didampingi oleh Windarti Agustina. Sedangkan calon kepala daerah yang akan diusung di Kabupaten Pemalang adalah pasangan Djunadi-Martono. Sigit dan Djunadi saat ini tercatat sebagai petahana di dua daerah tersebut.

“Jadi ini kurang tujuh daerah yang akan diumumkan keputusannya kepada Balon besok pagi,” katanya.

Dihubungi terpisah, Ketua Desk Pilkada Partai Gerindra, Sriyanto Saputro menghormati keputusan PDIP yang akan segera memutuskan nama Balon jagoannya. Untuk nama Balon dari Gerindra, ia berharap, akan diputuskan sebelum lebaran mendatang.

Menurut Sriyanto, dengan diumumkan sebelum lebaran, ada beberapa keuntungan bagi Balon bersangkutan. Mereka akan punya waktu yang lebih panjang untuk melakukan sosialisasi dan menggenjot elektabilitasnya.

Hingga saat ini, baru Balon Bupati Sragen yang keputusannya telah final. Di sana, Gerindra berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Koalisi dua partai itu akan mengusung pasangan Kusnindar Untung Yuni Sukowati – Dedy Endriyatno.(BJ13)