Home Nasional DPD RI Siapkan Penguatan Ketatanegaraan melalui Amandemen

DPD RI Siapkan Penguatan Ketatanegaraan melalui Amandemen

image

Semarang, 22/12 (beritajateng.net) – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) siapkan penguatan penataan ketatanegaraan melalui Amandemen UUD NRI 1945, ujar Ketua kelompok DPD sekaligus ketua kajian MPR, Bambang Sadono.

Ia mengatakan, penguatan DPD  didalam sistem  ketatanegaraan melalui amandemen ini merupakan sebagian dari agenda amandemen yang telah diamanatkan oleh MPR periode 2014-2019.

Menurutnya, beberapa agenda seperti penguatan MPR,  penguatan sistem kridensial, gagasan untuk menghidupkan kembali sistem perencanaan pembangunan GBHN dan gagasan untuk memperkuat gagasan MPR tahun yang akan datang.

“Penguatan lembaga negara dilakukan dengan penataan produk-produk hukum, dan praktek ketatanegaraan serta sistem penyerapan aspirasi.

“Aspirasi masyarakat baik itu anggaran maupun ide, institusi akan aktif mewadahi aspirasi daerah yang belum tertampung, ” ujarnya selesai membuka Seminar Nasional Penguatan DPD di Ballroom Horison, Senin (22/12).

Nantinya, lanjut Bambang, penguatan DPD juga bisa melalui perubahan pasal-pasal dalam UUD45, sehingga ketatanegaraan dapat tertata dengan baik dari waktu ke waktu.

Seminar Nasional Penguatan DPD menghadirkan 300 peserta dari berbagai elemen masyarakat. “Kaitannya dengan seminar kali ini yang diselenggarakan atas kerjasama DPD RI dan Universitas Semarang, karena sosialisasi dan penampilan arah kebijakan sepatutnya diketahui dan diawasi akademisi, juga merupakan langkahyang tepat sebagai media  sosialisasi. (Ely/ss)