Home News Update DP4 Menyusut, KPU Wonogiri Segera Mutakhirkan Data

DP4 Menyusut, KPU Wonogiri Segera Mutakhirkan Data

PPK sedang mengikuti Bintek Mutarlih Senin (29/6) di ruang rapat KPU Wonogiri.
PPK sedang mengikuti Bintek Mutarlih Senin (29/6) di ruang rapat KPU Wonogiri.
PPK sedang mengikuti Bintek Mutarlih Senin (29/6) di ruang rapat KPU Wonogiri.

Wonogiri, 29/6 (BeritaJateng.net) – Jumlah pemilih pada Pilkada Wonogiri 2015 diprediksi akan menyusut ratusan ribu pemilih. Hal itu diketahui dari hasil analisa DP4 yang dilakukan oleh KPU  yang hanya mendapatkan angka sebanyak 788.186 pemilih.

Angka tersebut selisih sekitar 155 ribu dari DPT terakhir pada 2014 yang lalu.
Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Wonogiri usai memberikan pembekalan kepada PPK se-Kabupaten Wonogiri pada Rapat Kerja Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Pemetaan TPS, Senin (29/6) di Kantor KPU Wonogiri.

“Ada selisih jumlah pemilih antara DP4 dan DPT terakhir. Untuk itu kami akan segera lakukan pemutakhiran daftar pemilih mulai 15 Juli mendatang,” terangnya.

Sebelum dilakukan Mutarlih, lanjut Nawir, PPS diminta segera mengusulkan nama yang akan dijadikan sebagai PPDP (Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih).

“Paling lambat 10 Juli PPDP sudah terbentuk selanjutnya mulai 15 Juli sudah mulai melakukan pemutakhiran DP4 hingga 19 Agustus,” katanya kepada BeritaJateng.net di ruang kerjanya.

Mat Nawir menjelaskan, selisih daftar pemilih antara DP4 untuk Pilkada dan DPT terakhir (saat Pilpres) terjadi karena saat Pilpres semua penduduk yang saat itu ada di Wonogiri bisa dicatat sebagai pemilih dengan dasar domisili.

“Disamping itu, data ganda yang saat itu tercantum dalam DPT telah dipisah sehingga wajar kalau DP4 sekarang menyusut,” jelas dia.

Pemilih itu sifatnya sangat dinamis, sehingga pemutakhiran daftar pemilih ini ia anggap sebagai pekerjaan yang paling berat. “Dari dulu memang ini (pemutakhiran daftar pemilih) sangat menyita waktu dan fikiran. Mudah-mudahan DPT untuk Pilkada mendatang tidak ada masalah yang berarti,” pungkasnya. (BJ09)