Home Headline DP3A Semarang Data Anak-anak yang Orangtuanya Meninggal Terpapar Covid-19

DP3A Semarang Data Anak-anak yang Orangtuanya Meninggal Terpapar Covid-19

Kepala DP3A Kota Semarang, M Khadik.

Semarang, 7/8 (BeritaJateng.net) – Pandemi yang melanda Kota Semarang menimbulkan duka mendalam bagi sejumlah anak, terutama bagi anak yang orang tuanya meninggal terpapar Covid-19.

Kondisi tersebut tak hanya terjadi di satu kecamatan yang Kota Semarang, bahkan menurut Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang, kondisi tersebut terjadi hampir menyeluruh di 16 kecamatan yang ada.

Kepala DP3A Kota Semarang, M Khadik, mengaku banyak anak-anak menjadi yatim, maupun yatim piatu karena orang tuanya  meninggal terpapar Covid-19.

“Menyoal anak-anak yang kehilangan orang tua karena Covid-19 hingga kini kmai masih melakukan pendataan bersama PKK maupun Pemprov Jateng. Kemungkinan hal itu terjadi hampir di semua kecamatan yang ada di Kota Semarang,” kata Khadik.

Ia menuturkan, Pemprov Jateng juga meminta data tersebut, untuk dijadikan acuan guna melakukan langkah strategis terkait kesejahteraan anak.

“Memperhatikan nasib anak-anak yang terdampak Covid-19 menjadi tugas pemerintah, sebelum melangkah kami membutuhkan data yang sedang kami susun,” imbuhnya.

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu Pemkot sudah memberikan bantuan ke anak-anak tersebut.

“Ke depan kami akan koordinasikan dengan Dinas Sosial, harapannya ada bantuan tekait pendidikan bagi anak-anak yang orang tuanya meninggal terpapar Covid-19. Sekolah mereka harus tetap diteruskan, atau yang belum bekerja bisa mendapatkan pekerjaan. Sampai sekarang data pasti beluk ada, untuk itu pendataan masih dilakukan,” tambahnya. (Ak/El)