Home Ekbis DP3A Gelar Pameran Produk dan Bazar Ekonomi Perempuan Se-Kota Semarang

DP3A Gelar Pameran Produk dan Bazar Ekonomi Perempuan Se-Kota Semarang

Semarang, 10/5 (BeritaJateng.net) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang menggelar Pameran Produk dan Bazar Ekonomi Perempuan Se Kota Semarang di Taman Tirtoagung Banyumanik Semarang, Minggu (9/5).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang, M Khadik mengatakan, kegiatan bazar produk pelaku usaha ekonomi perempuan / UKM perempuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan sekaligus mensuksekan Perayaan Hari Jadi Kota Semarang ke 474.

“Kegiatan ini sekaligus merayakan Hari Kartini ke 142 Tahun 2021 dan Menyambut Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021. Ini salah satu motivasi kepada para perempuan untuk terus berkarya dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga dengan berproduksi, dipasarkan kepada masyarakat, serta memberi ruang promosi dan berbagi informasi bagi produk UKM perempuan,” ujar Khadik.

“Dengan ruang promosi yang diberikan ini harapannya mampu membangkitkan semangat serta mouvasi untuk bangkit pada masa pandemi,” ujar Khadik, di sela-sela pameran produk dan bazar, Minggu (9/5).

Sejumlah produk kerajinan, kebutuhan bahan pokok, komoditas pertanian, dan perikanan dijual dalam kegiatan bazar tersebut.

DP3A Gelar Pameran Produk dan Bazar Ekonomi Perempuan Se-Kota Semarang

Harga daging sapi di pasaran yang dijual Rp 120 000-an bisa didapatkan hingga Rp 85.000 saja.

Berbagai produk lainnya bisa didapatkan dengan harga petani ataupun harga produksi, ini bekerja sama dengan sejumlah pabrikan. “Kami menjualnya dengan harga subsidi supaya bisa membantu meringankan beban masyarakat yang berbelanja kebutuhan menjelang hari raya,” imbuhnya.

Kadhik menyebut konsep ‘Bergerak Bersama yang digaungkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Ketua TP PKK Krisseptiana Hendrar Prihadi, SH, MM menjadi pembangunan dan perekonomian. “Perempuan juga memiliki peran serta dalam pembangunan juga mempunyai tugas membantu perekonomian keluarga dengan membuat berbagai usaha yang dijual dirumah atau dimasa modern/digitalisasi ini penjualan dilakukan dengan online maupun Offline,” katanya.

Dia menambahkan, ekonomi dan digitalisasi menjadi sangat penting sehingga akan dikolaborasikan menjadi sebuah kegiatan bersama dengan komunitas yang dibentuk DP3A, yakni Permata Hebat atau perempuan mandin dan tangguh serta hebat di Kota Semarang.

“Ini akan kami kolaborasikan dengan kewirausahaan perempuan yang tentu bisa menggerakkan komunitas hingga terkecil di bawah sesuai bidangnya,” kata Khadik dalam kegiatan yang juga sekaligus serangkatan HUT Ke-474 Kota Semarang ini.

Selain pameran produk dan bazar ekonomi perempuan se-kota Semarang kegiatan juga diisi dengan Bhakti Darma Wanita Persatuan DPPPA menjual produk dengan harga murah, pemberian bantuan kepada masyarakat, potong rambut dan pijat gratis untuk umum, demo memasak serta pemeriksaan kesehatan gratis. (El)