Home Headline Dosen Undip Dituntut 1,5 tahun karena Korupsi

Dosen Undip Dituntut 1,5 tahun karena Korupsi

image
Ilustrasi

Semarang, 11/2 (Beritajateng.net) – Dosen Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Joko Siswanto dituntut hukuman 1,5 tahun (18 bulan) dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Stadion Kridanggo Salatiga.

Jaksa Penuntut Umum Hery Sudaryanto dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Rabu, juga meminta Komisaris CV Temadea itu untuk membayar denda sebesar Rp50 juta yang jika tidak dibayar akan diganti dengan kurungan selama tiga bulan.

“Menyatakan terdakwa terbukti melanggar Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” katanya.

Dalam perkara ini, Joko berperan sebagai pengawas konsultan proyek Stadion Kridanggo.

Terdakwa dinilai tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya serta memberi keterangan fiktif sebagai syarat pembayaran pekerjaan.

Joko menerima uang sekitar Rp45 juta dalam melaksanakan tugasnya itu.

Dalam menuntut terdakwa, jaksa membeberkan sejumlah pertimbangan.

“Perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam bidang pemberantasan tindak pidana korupsi,” ujarnya, dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Antonius Widjantono itu.

Sementara hal yang meringankan terdakwa antara lain bersikap sopan selama persidangan, belum pernah dihukum, serta menyesali perbuatannya.

Atas tuntutan jaksa tersebut, majelis hakim memberi kesempatan terdakwa untuk menyampaikan pembelaan.

Sidang selanjutnya ditunda hingga Selasa (17/2) pekan depan.(ant/Bj02)