Home News Update Djoko : Terminal Terboyo Sudah Tidak Layak

Djoko : Terminal Terboyo Sudah Tidak Layak

Terminal Terboyo

Semarang, 26/7(BeritaJateng.net) – Djoko Setijowarno pakar transportasi Kota Semarang menyatakan kondisi terminal Terboyo sudah tidak layak. Untuk itu, pemerintah Kota Semarang harus segera memperbaikinya.

Djoko Setijowarno mengatakan, bahwa Terminal Tipe A Terboyo Semarang sekarang kondisinya sangat memprihatinkan, pemerintah Kota Semarang harusnya berupaya segera memperbaiki sendiri dengan APBD.

“Sebenarnya Terminal Terboyo sudah dimasukkan ke Tipe A, kalau tidak salah Tipe A2 karena Tipe A ada beberapa A1, A2 dan A3. Saya kurang hafal tentang standart rincinya, namun ada di PP79/2013 tentang LLAJ, minimal dapat melayani bus antar Kota antar Provinsi,” ucapnya.

Melihat kondisi saat ini, lanjut Djoko Setijowarno, harus segera ada pembenahan untuk kedepannya, terutama fisik terminal, kemudian managemen pengelolaan, harus ada pemisah jalur bus dan penumpang, suasananya harus dibuat senyaman stasiun kereta.

“Terminal tidak semata sebagai prasarana angkutan darat, tapi juga sebagai tempat pemeriksaan kendaraan dan pengemudi, selain itu juga ada jalur tersendiri untuk naik turun penumpang, jadi ada fungsi keselamatan dan kenyamanan,” tuturnya.

Penerapan tersebut tak hanya di Terminal Terboyo Semarang saja, Djoko Setijowarno juga menambahkan bahwa seluruh Terminal di Kota Semarang juga harus aman.

“Yang jelas harus aman, hilangkan kesan jorok dan premanisme di terminal, nanti pasti warga tidak merasa takut untuk datang ke terminal, tidak seperti sekarang dan ini merupakan tugas Walikota Semarang periode mendatang,” tambahnya. (BJ06)