Home Nasional Ditanya Soal Kenaikan Harga Tiket, Ini Jawaban Menteri Jonan

Ditanya Soal Kenaikan Harga Tiket, Ini Jawaban Menteri Jonan

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Jakarta, 5/7 (BeritaJateng.net) – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kembali menunjukkan sikap arogansinya kepada wartawan. Kali ini saat Jonan berkunjung ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan ditanya soal kenaikan harga tiket pesawat yang mencapai Rp 1 juta.

“Tahun lalu darat (mendominasi), sekarang udara. Tahun ini kenaikan delapan persen, tapi saya lihat sih biasa saja. Kenaikan (penumpang di Bandara Soetta) ini kan karena mereka lebih banyak yang memanfaatkan waktu saja, orang lebih menghargai waktu, karena lebih praktis,” ujar Ignasius Jonan.

Namun saat ditanya mengenai adanya kenaikan tiket untuk transportasi udara mencapai Rp 1 juta, Jonan menjawab dengan kata-kata yang tidak pas untuk sekelas menhub.

“Laporannya ke media kan, ke Kemenhub belum ada tuh, media saja yang suruh beresin,” terangnya.

Jawaban menteri Jonan membuat wartawan geleng-geleng kepala, terkesan Menteri Jonan hanya asal bicara. Ia akan bertindak kalau ada laporan dari masyarakat.

Arogan

Sikap arogansi Jonan tidak hanya itu, sudah beberapa kali Jonan menunjukkan sifat arogansinya. Berikut beberapa sikap arogansi Menteri Jonan :

Pada (18/2/2013) Menteri Jonan mengancam akan memukul wartawan jika menulis tentang dirinya.

“You kalau nulis saya tempeleng,” seru Jonan kepada wartawan.

Dan pada (19/8/2015) Mentri Jonan juga pernah meremehkan wartawan saat ditanya beberapa hal seputar tindakan yang ia lakukan.

“Kamu jangan bertanya seperti itu lagi. Berarti tadi kamu tidak mendengar penjelasan saya. Silahkan buka rekaman lagi,” cetusnya usai membuka Konferensi Internasional Kedua Green Aviation di Kuta Bali.

Wartawan juga pernah diusir saat peresmian kapal milik Petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) atas perintah Menteri Jonan. Atas perintah itu, petugas KPLP dengan bersenjata laras panjang mengusir wartawan dengan ancaman (17/10/2015).

Wartawati Tempo, Istiqomatul Hayati mengalami tindakan yang tidak senonoh yang dilakukan menteri Jonan, saat itu Wartawan Tempo menanyakan seputar pembenahan KAI untuk meminimalisasi kecelakaan.

“Sudah ah Aku capek. Aku mau begini (ibu jarinya diselipkan di antara jari telunjuk dan jari tengah). Enak lo begini. Kamu pasti belum tahu rasanya begini,” katanya seraya beringsut dan pejabat lain ketawa saat itu. (BJ)

AWPI PERS GUARD