Home Hukum dan Kriminal Ditangkap, Dua Pencuri Barang Wisatawan Karimunjawa

Ditangkap, Dua Pencuri Barang Wisatawan Karimunjawa

Dua pelaku pencurian diinterogasi oleh Wakapolres Jepara, Kompol Juara Silalahi, saat gelar perkara di Mapolres Jepara.
Dua pelaku pencurian diinterogasi oleh Wakapolres Jepara, Kompol Juara Silalahi, saat gelar perkara di Mapolres Jepara.
Dua pelaku pencurian diinterogasi oleh Wakapolres Jepara, Kompol Juara Silalahi, saat gelar perkara di Mapolres Jepara.

 

Jepara, 25/5 (BeritaJateng.net) – Dua pencuri sejumlah barang milik wisatawan di Kecamatan Karimunjawa berhasil ditangkap. Kedua tersangka diduga merupakan spesialis pencuri barang milik wisatawan. Atas kejadian ini, pengelola homestay dan warga di wilayah terluar kabupaten Jepara tersebut diminta lebih waspada.

 

Dua pelaku tersebut adalah Ahmad Safaat (44), warga Dukuh Kebon Timur Desa Kiringan RT 05 RW 05 Kabupaten Boyolali, dan Tri Setyawan (44), warga Kelurahan Bener RT 03 RW 01 Kecamatan Tegalrejo, Jogjakarta.

 

Pelaku tertangkap setelah sebelumnya melakukan aksinya pada sekitar pukul 03.30, di homestay Arya Langon turut Desa Kemojan, Kecamatan Karimunjawa. Salah seorang tersangka, Tri Setyawan mengungkapkan, dia dan rekannya melakukan aksi pencurian dengan menggunakan sepeda motor yang disewa. Mereka berkeliling untuk mencari homestay yang pintunya terbuka hingga larut malam. Termasuk di homestay Arya Langon.

 

“Kami masuk begitu saja. Di sejumlah meja tergeletak barang-barang elektronik milik wisatawan. Kami dengan mudah mengambil barang tersebut karena penjaga maupun pemiliknya tengah tertidur,” paparnya saat gelar perkara di Mapolres Jepara.

 

Pria yang mengaku berprofesi sebagai pemulung ini menjelaskan, awalnya dia dan rekannya tidak ada niat untuk mencuri. Mereka ke Karimunjawa hanya untuk berwisata. Di destinasi wisata itu.

 

“Tapi ketika melihat banyaknya kesempatan, serta barang milik wisatawan cukup mewah, maka kami ada niat mencurinya,” dalihnya.

 

Dia mengaku baru kali pertama melakukan aksi pencurian. Barang-barang yang didapatkan pun belum sempat dijual, sebelum akhirnya tertangkap warga dan aparat keamanan di Karimunjawa.

 

Wakapolres Jepara, Kompol Juara Silalahi menjelaskan, kedua pelaku ditangkap pada Sabtu (16/5) lalu oleh warga dan juga korban. Dua pelaku pencurian  itu kemudian  diserahkan ke  Polsek Karimunjawa, sebelum akhirnya dibawa ke  Polres Jepara dengan menggunakan KMC ExpressBahari.

 

“Sebelumnya  dua  orang  itu memang  telah dicurigai menjadi pelaku pencurian terhadap barang-barang milik wisatawan yang hilang. Dari hasil pengembangan, ternyata pelaku telah mencuri barang-barang milik wisatawan di enam homestay yang berbeda,” paparnya.

 

Dari aksi yang dilakukan pelaku, lanjut dia, kuat dugaan mereka merupakan spesialis pencuri di tempat wisata. Sebab pelaku tahu waktu yang tepat mencuri, serta begitu lihai sehingga tak banyak korban maupun warga yang mengetahui aksi mereka.

 

“Tapi kepastiannya kami harus melakukan penyelidikan lebih lanjut,” tandasnya.

 

Hanya saja, tambah dia, pihaknya meminta agar warga, pemilik homestay maupun wisatawan sendiri agar lebih berhati-hati. “Jika membawa barang berharga, harap simpan di tempat yang aman,” imbaunya.

Barang bukti berupa satu unit notebook merk Acer Aspire V5-132, sejumlah gadget mewah, dan kamera DSLR diamankan di Mapolres Jepara. Pelaku dituntuk pasal 363 KUHP dengan Ancaman hukuman tujuh tahun kurungan. (Bj18)