Home Ekbis Disperindag Solo Tarik Apel Asal Amerika

Disperindag Solo Tarik Apel Asal Amerika

Petugas Disperindag Solo melakukan sidak dan menarik apel Amerika.
Petugas Disperindag Solo melakukan sidak dan menarik apel Amerika.
Petugas Disperindag Solo melakukan sidak dan menarik apel Amerika.

Solo, 28/1 (BeritaJateng.net) – Peredaran buah apel Amerika Gala Royal Dan Grenny Smith yang mengandung Listeria Monocytogenes mulai ditarik dari pasaran oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Solo. Apel asal Amerika tersebut diduga mengandung bakteri listeria monocytogenes yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia yang terinfeksi. Yang bisa menyebabkan kejang-kejang otot hingga diare.

Pihak Disperindag juga melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional, dan juga melakukan penarikan dari sejumlah toko ritail modern di kota Solo.

Sidak yang dilakukan bertujuan untuk mencari apakah di sentra penjualan buah yang ada di Pasar Gede Solo juga menjual dua buah jenis apel import yang berasal dari Bidart Bros Bakersield, California, Amerika Serikat.

Kasi Pengawasan bidang PPK Disperindag, Srining Widiastuty menegaskan dari beberapa lokasi pasar yang sudah disidak para pedagang sudah sudah menjual lagi apel import asal Amerika.

“Alasanya selain harganya mahal, sudah beberapa waktu ini pedagang tidak menerima pengiriman buah tersebut,” jelasnya di Solo Jawa Tengah, Rabu (28/1/2015).

Hasil sidak yang dilakukan di Pasar Gede Solo ungkap Srining, pihaknya hanya menemukan 20 buah apel yang tersisa. Informasi dari pedagang buah, apel tersebut banyak pesan oleh hotel, dan apel yang ditarik itu baru 10 hari lalu baru dikirim dari Jakarta.

Pedagang hanya memiliki stok apel sebanyak 10 kilo. Masih tersisia 3 kiloan. Harga apel import asal Amerika itu tergolong mahal dibandingkan apel lokal. Bentuk apelnya mirip dengan apel Malang

“Nantinya apel-apel asal Amerika ini, akan dikirimkan ke laboratorium untuk mengetahui kandungan zat berbahaya yang ada didalam apel,” pungkasnya. (BJ24).

Advertisements