Home Lintas Jateng Disperindag Solo Sidak Jajanan Sekolah

Disperindag Solo Sidak Jajanan Sekolah

SOLO, 18/5 (BeritaJateng.net) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Solo, Jawa Tengah, gelar inspeksi mendadak (sidak) kepada sejumlah pedagang jajanan di beberapa sekolah di kota Solo.

Kepala Seksi Pengawasan Disperindag Kota Solo, Hening Widyastuti menjelaskan sidak ini dilakukan untuk memantau peredaran makanan siap konsumsi untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat.

“Saat ini banyak beredar adanya makanan yang diduga mengandung zat kimia berbahaya beredar dikalangan anak – anak,” jelasnya disela – sela sidak di salah satu sekolah dasar di kota Solo, Rabu (18/5/2016).

Selain itu, lanjut Hening sidak juga ditujukan pada makanan yang mengandung warna mencolok, aroma yang tajam dan kemasan menarik juga diduga banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Kebiasaan jajan di kalangan anak-anak susah dihilangkan. Biasanya yang berwarna mencolok disukai anak-anak.

Hasil sidak yang dilakukan, petugas belum menemukan barang bukti makanan yang mengandung zat berbahaya. Namun petugas tetap mengambil sample beberapa jenis makanan untuk diuji di laboratorium.

“Kita ambil sample untuk uji lab agar bisa diketahui Pihaknya pun mengaku akan membawa sample makanan untuk diuji lab untuk mengetahui hasil didalam kandungan makanan tersebut,” ungkap Hening.

Dalam kesempatan yang sama Disperindag Kota Solo, juga mensosialisasikan adanya aturan peredaran kopi bubuk kemasan yang harus berstandar SNI.

“Awal Juli nanti peredaran kopi bubuk dalam peredarannya diharuskan sudah berstadar SNI. Terkait adanya penertiban untuk kopi bubuk dari Kementrian Perindustrian” pungkasnya (bj24).