Home News Update Disperindag dan Satpol PP Solo Sidak Bir di Minimarket

Disperindag dan Satpol PP Solo Sidak Bir di Minimarket

image

Solo,22/4 (Beritajateng.net) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Salpol PP kota Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait penjualan minuman keras dengan kadar alkohol sampai lima persen (golongan A) di sejumlah minimarket modern di Solo.

Hal itu dilakukan sebagai Tindak lanjut dari surat edaran Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Kasi Pengawasan Disperindag Solo, Sri Hening Widyastuti menjelaskan,
Sebelumnya Disperindag Solo telah melakukan sosialisasi terhadap para pemilik minimarket modern yang berada  di wilayah Solo untuk tidak menjual minuman keras yang beralkohol di tokonya.    

“Sidak ini sebagai bentuk tindak lanjut pelarangan penjualan minuman beralkhol di mini market modern,”  jelasnya, Selasa (22/4/2015).

Bahkan Pemkot Solo sendiri juga sudah mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor 510/381/III/2015 tentang Larangan Penjualan Minuman Beralkohol pada para pengusaha minimarket. 

Sidak penjualan minuman beralkohol nol sampai lima persen ini dilakukan di beberapa lokasi. Pertama yang dikunjungi adalah  sebuah minimarket modern yang berada di sekitar Srambatan, selanjutnya sidak juga dilakukan di daerah Gilingan Solo. 

“Namun hasilnya tidak kami tidak menemukan adanya minuman yang memiliki kadar alkohol nol hingga lima persen di jual di minimarket,” tegasnya. 

Sri Hening juga menjelaskan petugas  juga melakukan pemeriksaan sampai ke dalam gudang penyimpanan barang milik mini market tersebut, namun hasilnya tetap nihil. Tidak ditemukan jenis minuman beralkohol nol sampai lima persen tersebut. (BJ24)