Home Lintas Jateng Disiapkan Rp16 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Karimunjawa

Disiapkan Rp16 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Karimunjawa

image
Pantai di Karimunjawa (Foto: ticjepara.com)

Jepara, 2/12 (Beritajateng.net) – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengungkapkan pada tahun anggaran 2015 Pemerintah Provinsi bakal membantu perbaikan jalan di Pulau Karimunjawa dengan anggaran hingga Rp16 miliar.

“Adapun panjang jalan yang akan dilakukan perbaikan sekitar 22 kilometer dari Desa Karimunjawa hingga Kemojan,” ujarnya di Jepara, Selasa seperti dikutip Antara.

Awalnya, kata dia, perbaikan jalan tersebut hendak direalisasikan tahun anggaran 2014 pada APBD Perubahan, namun karena waktunya terlalu mepet ditunda tahun depan.

Dengan adanya perbaikan jalan tersebut, dia berharap, bisa menunjang aktivitas sehari-hari masyarakat setempat, termasuk para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Karimunjawa juga tidak terkendala soal askes jalan yang kurang baik.

Sarana dan prasarana di Pulau Karimunjawa, lanjut dia, memang perlu dibenahi guna mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan karena masih banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan.

Selain sarana jalan di kawasan tersebut, kata dia, landasan pacu di Bandara Dewandaru juga akan diperpanjang kembali menjadi 1.600 meter.

Awalnya, kata dia, panjang landasan hanya 900 meter, kemudian diperpanjang menjadi 1.300 meter.

Dengan landasan sepanjang itu, kata dia, hanya bisa menampung pesawat bermuatan 40-an penumpang.

Apabila landasan pacu bandara setempat mampu menampung pesawat komersial nantinya bisa menjadi alternatif wisatawan yang berkunjung ke Pulau Karimunjawa ketika transportasi laut terkendala ombak.

“Jika menggunakan transportasi laut waktu yang dibutuhkan memang agak lama karena untuk menempuh jarak 90 kilometer dari Jepara ke Karimunajawa bisa mencapai 5 jam disesuaikan dengan kapalnya,” ujarnya.

Menggunakan kapal cepat yang ada saat ini, kata dia, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam, sedangkan Kapal Muria antara 4 – 5 jam.

Potensi alam yang bisa ditawarkan kepada pengunjung, kata dia, cukup banyak, termasuk terumbu karangnya juga dapat dikembangkan lagi melalui kegiatan menyelam.

Adanya pengembangan Bandara Dewandaru, maka objek wisata Karimunjawa akan menjadi satu dari empat destinasi wisata andalan di Jateng.

Selain memiliki potensi wisata alam, Karimunjawa juga memiliki potensi hasil laut, seperti ikan dan rumput lautnya yang memiliki spesifikasi yang baik.(ant/pj)

Advertisements