Home Headline Dishub Kota Semarang Survei dan Monitor Jalan Rusak

Dishub Kota Semarang Survei dan Monitor Jalan Rusak

Jalan Raya Mangkang Semarang Rusak Parah dan mengakibatkan kemacetan panjang.

SEMARANG, 23/3 (BeritaJateng.net) – Pasca bencana banjir yang melanda kota Semarang, sejumlah ruas jalan mengalami kerusakan mulai dari berlubang hingga rusak parah.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan pihaknya sudah melakukan survei dan menambal beberapa ruas jalan yang berlubang bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang.

“Kami sudah melakukam survey di beberapa titik dengan Dinas Pekerjaan Umum (Kota Semarang) juga,” ujarnya saat dihubungi pada Selasa (23/3).

Endro menjelaskan perbaikan jalan dibagi tiga segmen sesuai dengan tanggungjawab pengelolaan jalan mulai tingkat Kota, Provinsi, dan pusat.

“Nah perbaikan ini kan nanti dibagi jadi tiga segmen tergantung tanggungjawab jalan itu di tingkat Kota, Provinsi, atau nasional,” ungkap Endro.

Endro menegaskan beberapa ruas jalan sudaj ditambal sulam untuk memberi kenyamanan pada pengguna. Namun untuk ruas Kaligawe-Terboyo belum dilakukan karena kerusakan yang parah.

“Tapi untuk jalan-jalan protokol dan jalan milik Pemkot Semarang walaupun tambal sulam sudah dilakukan perbaikan. Bahkan jalan-jalan milik Pemerintah Provinsi dan Jalan Nasional seperti di jalan raya Mangkang sudah kita lakukan penambalan,” jelasnya.

Endro menegaskan pihaknya akan menambal setiap jalan rusak walaupun itu tanggungjawab pemprov Jateng maupun pusat karena mengantisipasi datangnya bulan Ramadhan dan mudik lebaran.

“Kenapa kita tambal walaupun itu milik nasional? Karena kita antisipasi datangnya bulan Ramadhan dan tentu berkaitan dengan mudik lebaran yang kemungkinan jatuh bulan depan (April),” tegasnya.

“Kalau komunikasi dengan pihak pusat tetap berjalan lancar. Tapi kita berprinsip kalai kita yang nemu dulu ya kita perbaiki. Kalau pusat perbaikannya melalui balai dan satuan kerja. Contoh yang di Mangkang sudah kok,” pungkasnya. (El)