Home Ekbis Diserang Wereng, Petani Blora Panen Dini

Diserang Wereng, Petani Blora Panen Dini

Diserang Wereng, Petani Blora Panen Dini
         BLORA, 31/1 (BeritaJateng.net) – Diserang hama wereng, petani di kabupaten Blora terpaksa memilih panen lebih awal. Langkah ini dilakukan petani untuk menghindari kerugian yang lebih besar.
         Salah satu petani yang memilih panen lebih awal adalah Sutikno (42) petani di desa kamolan kabupaten blora. Ia terpaksa panen dini agar padinya tidak habis diserang hama wereng. Pasalnya, sejak 4 hari lalu, hama wereng mulai menyerang padinya yang hampir memasuki masa panen.
         “Ini harusnya seminggu lagi baru panen, tapi karena diserang wereng, ya terpaksa saya panen lebih awal,” katanya.
         Tikno mengaku, meski baru 4 hari diserang, namun hama wereng sudah merusak sebagian tanaman padinya. Dirinya khawatir, jika tidak segera dipanen, maka tanaman padinya di area seluas 125 meter persegi tersebut akan habis diserang wereng.
          “Kalau ini saya biarkan dan tidak segera dipanen, maka habis padi saya. Padi habis, tapi masih harus mengeluarkan ongkos untuk buruh panen. Kerugian tambah besar,” tandasnya.
         Akibat serangan hama wereng ini, Sutikno mengaku mengalami kerugian cukup besar. Jika biasanya sekali panen ia biasa mendapat 70 sak kini ia prediksi produksi panennya akan berkurang mencapai 30 persen.
         “Biasanya sekali panen saya bisa dapat 3 ton, tapi ini belum tahu, tapi yang jelas berkurang,” ujarnya.
         Berbagai upaya untuk membasmi hama wereng sudah ia lakukan. Namun karena ganasnya hama wereng yang ada, membuat hama tersebut cepat menyebar ke tanaman padinya. “Sudah 3 kali semprot obat tapi gak ngatasin,” tutupnya.
(MN/El)