Home News Update Disdik : Tingkat Kelulusan SMP Tahun Ini Meningkat

Disdik : Tingkat Kelulusan SMP Tahun Ini Meningkat

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 12/6 (BeritaJateng.net) – Dinas Pendidikan Kota Semarang menyebutkan tingkat kelulusan siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat tahun ini meningkat dengan hanya satu siswa yang tidak lulus.

“Kalau tahun lalu ada 14 siswa SMP yang tidak lulus, tahun ini hanya satu siswa yang tidak lulus,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Kota Semarang Sutarto di Semarang, Kamis.

Ia menyebutkan tingkat kelulusan SMP dan sederajat di Kota Semarang pada tahun ini sebesar 99,99 persen dari total 24.680 siswa, naik dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 99,92 persen.

Menurut Ketua Panitia Penyelengga Ujian Nasional (UN) Kota Semarang itu, kelulusan siswa pada tahun ini sepenuhnya diserahkan pada sekolah dengan mendasarkan pada nilai sekolah (NS).

“Mulai tahun ini, nilai UN kan tidak lagi menjadi salah satu penentu kelulusan siswa. Kelulusan siswa didasarkan pada NS yang mencakup nilai rapor dan nilai ujian sekolah,” katanya.

Itulah sebabnya, kata dia, Disdik Kota Semarang baru bisa menyampaikan tingkat kelulusan SMP dan sederajat pada Kamis ini, padahal pengumuman kelulusan di tingkat sekolah sudah Rabu (10/6) lalu.

“Kalau tahun lalu ketika nilai UN masih menjadi salah satu penentu kelulusan, kan bisa terlihat. Sementara, sekarang ini kan hanya nilai sekolah makanya kami menunggu laporan dari sekolah,” katanya.

Pada Rabu (10/6) lalu, kata dia, laporan kelulusan siswa yang masuk ke Disdik Kota Semarang baru 60 persen dari 213 SMP dan madrasah tsanawiyah (MTs), baik negeri maupun swasta di Kota Semarang.

“Hari ini, semua sekolah sudah melaporkan, termasuk melalui pesan singkat (SMS). Ya, satu persatu sekolah melaporkan kelulusan siswanya. Hanya ada satu siswa tidak lulus SMP,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMP Pangudi Luhur (PL) Dominico Savio Semarang Albertus Suwarto, FIC, menyebutkan tingkat kelulusan siswanya pada tahun ini mencapai 100 persen dari 398 siswa.

“Pada kelulusan SMP tahun ini, sekolah kami menempati peringkat satu untuk tingkat sekolah swasta, sementara untuk tingkat sekolah negeri dan swasta menempati peringkat dua,” katanya.

Untuk tingkat Jawa Tengah, Suwarto menyebutkan SMP PL Dominico Savio Semarang berhasil menempati peringkat ketiga untuk sekolah swasta, dan peringkat ke 17 untuk sekolah negeri dan swasta. (Bj05)