Home Headline Disdik Semarang Nyatakan Persiapan UN Sudah 99 Persen

Disdik Semarang Nyatakan Persiapan UN Sudah 99 Persen

ujian

Semarang, 8/4 (BeritaJateng.net) ­- Dinas Pendidikan Kota Semarang menyatakan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kota Semarang telah mencapai 99 persen, atau menjelang final. Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin di Semarang, Rabu.

“Untuk persiapan UN sudah mencapai 99 persen, atau jelang final lah. Tinggal yang kecil-kecil saja seperti checking lokasi, kebersihan lingkungan, penataan daya dukung sekolah,” ungkap Bunyamin.

Menurutnya, saat ini persiapan sudah mencapai tahap akhir, yakni menyelesaikan kartu Ujian Nasional.

“Untuk distribusi ke sekolah, hari ini kita laksanakan rapat pengawas ruang ujian, jadi hari ini sudah di rapatkan di semua sector sub-rayon, Jumat checking kebutuhan naskah soal ujian se-kota Semarang dan Sabtu rencananya soal sudah bisa dikirim ke Dinas Pendidikan (posko Rayon),” ujarnya.

Bunyamin menjelaskan, untuk pendistribusian soal ujian, dari Provinsi di kirim ke Kota pada hari Sabtu, kemudian Minggu pagi baru dikirim ke sub-rayon dan diposkokan, di Semarang ada 9 posko sub-rayon, yakni 5 di SMA dan 4 di SMK.

“Meskipun tahun ini UN tidak menjadi syarat kelulusan, bobot untuk naskah soal justru tahun ini tingkatannya lebih sulit, jadi soal-soal yang sulit itu kalau dulu bobotnya 5 persen sekarang jadi minimal 10 persen dari rasio soal yang ada,” katanya.

Ia menambahkan, meskipun UN tidak menjadi prasyarat kelulusan, namun dapat masih bisa digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, sehingga pihaknya terus mendorong agar kualitas yang diperoleh baik.

“Hasil dari UN nantinya, anak-anak (siswa. Red.) mendapatkan SHUN (Sertifikat Hasil Ujian Nasional) jadi nanti selain Ijazah ada SHUN, kalau dulu kan SKHUN sekarang berubah jadi SHUN, itu penting untuk kelengkapan bekerja nantinya,” imbuhnya.

Dari pengamanan juga tetap ketat seperti biasanya, tambah Bunyamin, karena ini kan dokumen rahasia Negara. Dari posko (Dinas Pendidikan.Red) sudah mengaturnya, jadi nantinya ada pula ranking kejujuran di setiap sekolah, di kabupaten/kota setiap provinsi.

“Himbauan kami tetap anak-anak belajar dengan baik, pada orang tua saya berharap mendampingi putra putri yang melaksanakan ujian, dari pihak sekolah saya berharap mempersiapkan dengan matang supaya pelayanan kita saat UN bisa maksimal,” harap Bunyamin. (BJ05)