Home Headline Disdik : Peserta UN Sebanyak 22.876 Siswa 

Disdik : Peserta UN Sebanyak 22.876 Siswa 

ujian nasional

Semarang, 12/4 (BeritaJateng.net) – Dinas Pendidikan Kota Semarang menyebutkan jumlah peserta Ujian Nasional (UN) 2015 jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat di wilayah itu sebanyak 22.876 siswa.

“Peserta sebanyak itu berasal dari SMA, madrasah aliyah (MA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan SMA luar biasa,” kata Ketua Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang Sutarto di Semarang, Minggu.

Di sela memantau distribusi naskah soal UN ke panitia subrayon, ia mengatakan jumlah peserta UN SMA sebanyak 9.678 siswa, MA sebanyak 1.770 siswa, SMK sebanyak 11.357 siswa, dan 71 siswa SMA LB.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Kota Semarang itu menjelaskan pelaksanaan UN pada tahun ini tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun lalu meski tidak lagi menentukan kelulusan.

“Mekanisme pendistribusian naskah soal sama, pengawasnya diambilkan dari sistem silang penuh, dan sebagainya. Namun, untuk sekolah yang UN berbasis komputer atau CBT (Computer Based Test) berbeda,” katanya.

Ia mengatakan sekolah yang ditunjuk melaksanakan UN CBT langsung mendapatkan penanganan dari pusat, termasuk dengan penyediaan soalnya sehingga tidak termasuk dalam pendistribusian naskah soal UN.

“Kalau sekolah yang masih UN konvensional, lembar jawab (LJ) UN kan dikirim ke rayon setelah selesai dikerjakan, baru ke tempat pemindaian. Sementara UN CBT kan mengerjakannya langsung di komputer,” katanya.

Dari 10 sekolah yang diusulkan Disdik Kota Semarang untuk melaksanakan UN CBT, Sutarto mengatakan hanya ada satu sekolah yang lolos penilaian Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), yakni SMK Texmaco Semarang.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Semarang Kastri Wahyuni menyebutkan semua tahapan persiapan berjalan lancar, termasuk pendistribusian naskah soal UN dari Disdik selalu panitia rayon ke subrayon.

“Kebetulan, kami ditunjuk sebagai koordinator subrayon I. Kami sudah menyiapkan kepanitiaan yang menangani pengambilan naskah soal, penjagaan dan pengamanan soal di subrayon, dan sebagainya,” katanya.

Dari SMA Negeri 1 Semarang, Kastri menyebutkan peserta UN pada tahun ini mencapai 465 siswa, terdiri atas 397 siswa program ilmu pengetahuan alam (IPA) dan 68 siswa program ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Kepala SMA Negeri 9 Semarang Wiharto menambahkan pengamanan naskah soal di subrayon melibatkan seluruh sekolah yang ada di wilayah itu, terutama kepala sekolah yang berjaga bergiliran di posko subrayon.

“Sekolah kami ada di wilayah subrayon I yang dikoordinatori SMA Negeri 1 Semarang. Jumlah peserta UN di SMA Negeri 9 Semarang ada 265 siswa, terdiri atas 221 siswa (IPA) dan 144 siswa (IPS),” kata Wiharto. (BJ05)