Home News Update Disdik Ingatkan Sekolah Terapkan Prokes Ketat Saat PTM

Disdik Ingatkan Sekolah Terapkan Prokes Ketat Saat PTM

Pembelajaran Tatap Muka di salah satu SD di Semarang.

SEMARANG, 31/8 (BeritaJateng.net) – Dinas Pendidikan (Dissik) Kota Semarang mengingatkan pihak sekolah agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri saat pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pertama yang digelar di Kota Semarang, Selasa (31/8).

Ia meminta pihak sekolah dapat benar-benar menerapkan protokol kesehatan terlebih dalam meminimalisir kerumunan.

“Kita PTM tidak ada kerumunan, itu yang paling penting dan harus diterapkan di semua sekolah baik negeri maupun swasta. Sehingga nantipun kalau 50 persen masuk semua juga begitu, karena sudah diatur,” ujarnya.

Bahkan saat ini pihaknya masih melakukan pembukaan PTM secara bertahap, sehingga nantinya tidak menimbulkan kerumunan.

“Kita nanti bertahap, kita serahkan pada sekolah, misal di SMP 12 Semarang minggu ini kelas 9, minggu besoknya kelas 8 sama kelas 7, minggu berikutnya lagi semuanya tapi tetap 50 persen. Artinya ibarat keran yang tadi ditutup kita bukanya pelan-pelan, nanti akhirnya dibuka semua, tapi prokotol kesehatan tetap dilakukan dengan baik. Kita tidak mau terjadi kerumunan,” terangnya.

Gunawan menjelaskan saat ini yang terpenting dimana mengedukasi kepada para siswa, agar dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Dari data Dinas Pendidikan Kota Semarang, di hari pertama pelaksanaan PTM ada 9 TK, 325 SD dan 44 SMP Negeri, sementara untuk sekolah Swasta ada 31 TK, 51 SD dan 22 SMP yang sebelumnya telah mengajukan ijin dan diverifikasi.

Terkait dengan Perijinan, dirinya mengaku hal tersebut tidak menjadi syarat mutlak gelar PTM.

“Ijin ini tidak begitu mutlak. Yang paling penting saat PTM adalah betul-betul menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tambahnya. (El)