Home Nasional Dinyatakan Layak Terbang, Pesawat Wings Air Tergelincir Diduga Karena Kondisi Cuaca

Dinyatakan Layak Terbang, Pesawat Wings Air Tergelincir Diduga Karena Kondisi Cuaca

Proses evakuasi pesawat Wing Air jenis ATR 72-600

Semarang, 26/12 (BeritaJateng.net) – PT. Lion Group menyampaikan bahwa pengecekan kelayakan penerbangan pesawat Wing Air 72-600 selalu dilakukan sebelum dan sesudah melakukan penerbangan, karena hal tersebut merupakan standart penerbangan internasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Capt Daniel Putut Kuncoro Adi, Manager Direktur Lion Group saat presconf di Angkasa Pura I Bandara A. Yani Semarang, Senin (26/12) sore.

Ia menyampaikan bahwa insiden tergelincirnya pesawat Wing Air jenis ATR 72-600 dengan nomor penerbangan IW 1896 rute Bandung-Semarang yang dikemudikan oleh Pilot Capt. George Tarun, Co-pilot Capt. Fahmi Dwi, dan dua awak Pramugari Eri Puspa dan Yeri Azila, sebelumnya sudah dilakukan pengecekan untuk sebelum melakukan penerbangan.

“Pesawat Wing Air jenis ATR 72-600 rute Semarang- Bandung- Semarang-Surabaya ini sudah dilakukan pengecekan untuk kelayakan terbangnya. Pesawat ini dikemudikan oleh Pilot Capt. George Tarun, Co-pilot Capt. Fahmi Dwi, dua awak Pramugari Eri Puspa dan Yeri Azila,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa PT. Lion Group mempunyai standart uji dan simulasi penerbangan tersendiri, setiap tiga bulan pihaknya selalu menguji kelayakan Pilot untuk melakukan penerbangan.

“PT. Lion Group mempunyai standart tersendiri untuk menguji pilot, dan seluruh pilot Lion group mendapatkan pelatihan dan ceking rutin selama tiga bulanan. Pilot Capt. Tarun George telah melakukan uji pelatihan pada tanggal 3 Desember 2016 ini, bahkan ia memiliki 4800 jam terbang, sedangkan Co-pilot Capt. Fahmi Dwi telah memiliki 3500 jam terbang yang berarti standart profesional,” terangnya.

Menurutnya, kondisi cuaca hujan berintensitas ringan yang terjadi saat pendaratan kemungkinan menjadi penyebab pesawat tergelincir. “Memang kondisi hujan, bisa saja runway licin jadi pemicu pesawat tergelincir, karena BMKG telah menghimbau jauh-jauh hari pada maskapai pesawat agar selalu waspada dengan cuaca yang cukup ekstrim,” lanjutnya.

Saat ini pihaknya menyerahkan hasil investigasi terkait terjadinya insiden tersebut kepada pihak-pihak yang berwenang, dan ia berharap segera mendapatkan hasil investigasi tersebut sesegera mungkin.

“Kami menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwenang untuk melakukan investigasi agar dapat dijadikan evaluasi bagi kami nantinya dalam menjalankan prosedur penerbangan agar tidak terjadi kembali hal yang tidak diinginkan,” harapnya.(AK/EL)

Advertisements